Tipe Manusia dalam Mengekspresikan Rasa Syukur Menurut Imam Al Ghazali

Senin, 29 Maret 2021 - 08:42 WIB
loading...
Tipe Manusia dalam Mengekspresikan Rasa Syukur  Menurut Imam Al Ghazali
Ekspresi kebahagiaan tumbuh atas nikmat Allah subhanahu wata’ala, dan inilah salah satu bentuk ekspresi syukur nikmat bahwa nikmat itu adalah pemberian-Nya dan membuat semakin dekat dengan Allah Taala. Foto ilustrasi/ist
A A A
Banyak nikmat di dunia yang telah kita dapatkan. Maka, sudah selayaknya kita patut untuk bersyukur dan berterima kasih pada Allah Subhanahu wa ta'ala. Dalam bersyukur manusia memiliki ekspresi sendiri-sendiri, dan Imam Al-Ghazali menjelaskan tipe-tipe manusia dalam mengekspresikan syukur nikmat ini.

Allah Ta'ala berfirman :

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.” (QS. Al-Baqarah: 152)



Ayat ini menjelaskan betapa pentingnya syukur nikmat dan selalu bersyukur kepada Allah Ta'ala. Dalam kitab 'Ihya Ulumudin', Imam Al Ghazali menjelaskan tentang hakikat syukur. Ia menyebutkan bahwa keadaan (haal) yang diekspresikan seseorang bisa mengungkapkan apakah syukurnya tersebut hakiki atau hanya sebuah kepalsuan belaka .

Imam Al Ghazali menerangkan definisi mengekspresikan syukur yang hakiki adalah sebagai berikut,

الفَرَحُ بِالْمُنْعِمِ مَعَ هَيْئَةِ الْخُضُوْعِ وَالتَّوَاضُعِ

“Eskpresi kebahagiaan terhadap sang pemberi nikmat dengan penuh ketundukan dan kerendahan diri.”



Jadi, ekspresi syukur yang benar bukanlah terhadap nikmat yang diberi akan tetapi karena siapa yang memberi.
Imam al-Ghazali kemudian menjelaskan lebih detail terkait ekspresi kebahagiaan atas nikmat Allah. Beliau membagi manusia menjadi tiga tipe dalam mengekspresikan kebahagiaan ketika mendapatkan nikmat.

Tiga tipe ini, beliau ilustrasikan dengan seorang raja yang ingin mengadakan sebuah perjalanan, lantas raja tersebut menghadiahkan seekor kuda kepada seseorang dengan tujuan agar ia mau menemani perjalannya.

Dalam mengekspresikan kebahagiaan mendapat kuda dari raja ini maka akan didapati tiga macam bentuk tipe manusia sebagai berikut.



1. Bahagia karena mendapat kuda

Orang tersebut bahagia mendapat kuda, ekspresi kebahagiaannya karena kuda adalah asset yang bisa dia manfaatkan, transportasi tunggangan yang sesuai dengan keinginan, gagah, dan mewah.

Kebahagiaannya bukan karena yang memberi adalah seorang raja, tapi semata karena barang yang diberikan adalah kuda. Seandainya dia mendapat kuda tersebut di padang sahara sekali pun, dia akan tetap merasa berbahagia sebagaimana dia mendapat kuda dari raja tadi.

Menurut Imam al-Ghazali, tipe ekspresi kebahagiaan seperti ini tidak merepresentasikan makna syukur yang sebenarnya. Sebab kebahagiaan orang tersebut hanya terbatas pada barang yang diberikan, bukan karena siapa yang memberi, juga bukan karena tujuan dari pemberian itu.



Setiap orang yang mengekspresikan kebahagiaan atas nikmat yang didapat hanya sebatas karena nikmat itu saja, maka yang seperti ini tidak mencerminkan rasa syukur. Demikian penegasan imam al-Ghazali.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)