Selama Ramadhan, Masjidil Haram Akan Dibersihkan 10 Kali Sehari

Selasa, 30 Maret 2021 - 21:40 WIB
loading...
Selama Ramadhan, Masjidil Haram Akan Dibersihkan 10 Kali Sehari
Masjidil Haram di Makkah akan dibersihkan 10 kali sehari dengan 60 liter pembersih selama bulan Ramadhan. Foto/Al Araby
A A A
MAKKAH - Otoritas Arab Saudi mengumumkan bahwa Masjidil Haram di Makkah akan dibersihkan 10 kali sehari dengan 60 liter pembersih selama bulan Ramadhan . Ini dilakukan untuk menjaga keamanan jamaah yang menunaikan ibadah selama bulan suci tersebut.

Langkah-langkah pencegahan terhadap penularan virus Corona baru itu juga mencakup kamera termal yang akan memindai suhu jamaah yang menunjukkan tanda-tanda demam seperti dikutip dari Al Araby, Selasa (30/3/2021).

Ramadhan adalah salah satu bulan tersibuk dalam setahun di situs paling suci umat Islam itu. Sejumlah kaum Muslim kerap memanfaatkan bulan Ramadhan untuk melakukan Umrah. Otoritas Arab Saudi telah memperbolehkan ibadah Umrah pada bulan Oktober lalu setelah sempat dihentikan selama tujuh bulan.



Jumlah jamaah haji yang diizinkan untuk melakukan perjalanan ke Makkah selama Ramadhan dibatasi, yang dimulai pada pertengahan April, akan diminta untuk mengenakan masker dan menjaga jarak sosial.

Pihak berwenang di Masjidil Haram juga akan menyiapkan area khusus untuk jamaah penyandang disabilitas, dan makanan siap saji akan disediakan untuk semua jamaah selama shalat Isya.

Langkah-langkah baru tersebut mengikuti pengumuman serupa terkait Ramadhan pada pekan lalu, termasuk larangan makan malam prasmanan dan tenda Ramadhan.

Awal bulan ini, diumumkan bahwa jamaah yang hendak menunaikan ibadah haji musim depan harus membuktikan bahwa dirinya telah mendapatkan vaksin virus Corona baru .

(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)