Menghadapi Datangnya Hari Akhir, Apa yang Harus Dipersiapkan?

loading...
Menghadapi Datangnya Hari Akhir, Apa yang Harus Dipersiapkan?
Acara DAI MUDA kini bisa ditonton di RCTI+ dua kali dalam seminggu. Foto/MNC Media
JAKARTA - Dalam Islam terdapat ajaran kepada umatnya untuk mengingat masa yang telah lalu. Itu perlu dijalankan agar manusia tidak mengulang kesalahan yang pernah dilakukan, serta mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Dengan demikian, muslim yang menjalankan ajaran tersebut maka bisa dikatakan adalah muslim visioner karena telah mempersiapkan apa yang bakal dikerjakan di masa depan.

Ajaran untuk mengingat masa lalu ini menjadi topik pembicaraan dalam program DAI MUDA yang tayang di RCTI+ episode 67 bersama Muhammad Vickry. DAI MUDA sendiri tayang eksklusif di RCTI+ setiap Rabu & Jum’at pukul 15.30 WIB.

Allah SWT Berfirman di dalam al-quran surat Al-Hasyr ayat 18 “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Baca Juga : Pernah Menganut Beberapa Agama, Marcell Siahaan Kini Mantap Memeluk Islam



Islam mengajarkan hamba nya untuk bertaqwa atas apa yang telah dilakukan (takut kepada azab Allah SWT) sehingga meminta ampun atas kesalahan yang dilakukan, dan bertaqwa kepada Allah SWT sebelum mengerjakan sesuatu di masa yang akan datang. Sehingga dalam islam di ajarkan bermuhasabah dan mempersiapkan diri untuk apa yang akan dihadapi di masa yang akan datang.

Makna taqwa itu bukan hanya sekedar menaati perintah Allah SWT dan menjauhi yang dilarang, tetapi makna taqwa secara bahasa yakni menjaga diri dan meminta perlindungan Allah SWT. Berlindung dari azab Allah SWT dan meminta dijauhkan dari azab dengan cara menaati perintah Allah dan menjauhi larangan. Itulah makna taqwa sebenarnya, Allah SWT mengatakan “Sebaik-baiknya bekal adalah Taqwa” karena semua hal yang dilakukan harus dibekali oleh taqwa.

Nabi Muhammad SAW memberikan 3 pesan terbaik “Bertaqwalah kalian kepada Allah SWT dimanapun kalian berada dan ikutilah keburukan kalian dengan perbuatan baik sehingga perbuatan baik dapat menghapus perbuatan buruk, dan berinteraksilah kepada manusia dengan interaksi yang baik”. Pesan ini ditujukan kepada umatnya dan memberikan petunjuk bahwa nanti akan ditanya atas apa yang diperbuat, maka dari itu janganlah asal-asalan mempersembahkan sesuatu kepada Allah SWT berikanlah yang terbaik kepada Allah SWT.

Baca Juga : Ide Sholat Tarawih Bergelombang, Prof Abdul Mu’ti: Muhammadiyah Tidak Menyarankan

Selengkapnya mengenai penjelasan tentang nanti kita akan ditanya tentang hari ini, bisa viewers saksikan kembali DAI MUDA eksklusif di RCTI+ melalui link berikut ini:

https://www.rctiplus.com/programs/989/dai-muda/episode/22343/nanti-kita-akan-ditanya-tentang-hari-ini

Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.co

Tentang RCTI+ :
RCTI+ hadir sebagai layanan AVOD (layanan Video On Demand berbasis iklan dimana pengguna gratis dalam menggunakannya) & live streaming dari 4 TV terpopuler (RCTI, MNCTV, GTV dan iNews). Hadir juga konten eksklusif yang tidak tayang di Televisi, hanya ada di aplikasi RCTI+. Selain itu juga ada banyak tayangan terbaik seperti Sinetron Legendaris, pertandingan nasional eSports, Drama Korea, Drama China, Film Hollywood, Film Anak. Kemudian RCTI+ berkembang dengan hadirnya 2 fitur lainnya yaitu News dan Radio+. Di dalam News, pengguna dapat membaca berita terlengkap dari berbagai sumber terpercaya. Di dalam Radio+, pengguna dapat mendengarkan radio dari seluruh Indonesia, mendengarkan podcast, cerita suara, musik dan audio book. Pada satu tahun usia RCTI+, RCTI+ menghadirkan 2 fitur baru, yakni Home of Talent (HOT) dan Game. Semua dapat dinikmati dengan mudah tanpa harus registrasi dan secara gratis.

• Website: https://www.facebook.com/RCTIPlusOfficial/
• Twitter: https://twitter.com/RCTIPlus
• Instagram: https://www.instagram.com/rctiplusofficial/
• Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fta.rctitv&hl=in
• App Store: https://apps.apple.com/us/app/rcti/id1472168599
(wur)
cover top ayah
وَزَكَرِيَّاۤ اِذۡ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرۡنِىۡ فَرۡدًا وَّاَنۡتَ خَيۡرُ الۡوٰرِثِيۡنَ‌
Dan ingatlah kisah Zakaria, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, "Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik."

(QS. Al-Anbiya:89)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!