Jika Waktu Sholat Tiba, Tinggalkanlah Urusan Dunia!

Rabu, 07 April 2021 - 16:25 WIB
loading...
Jika Waktu Sholat Tiba, Tinggalkanlah Urusan Dunia!
Sholat adalah amalan yang pertama kali dihisab pada hari Kiamat. Foto/Ist
A A A
Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu/wajib yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. Demikian firman Allah dalam Surah An-Nisa' Ayat 103. Jika waktu sholat tiba maka tinggalkanlah urusan dunia.

Diriwayatkan bahwa siapa yang memelihara sholat fardhu 5 waktu dan menyempurnakannya, maka sholatnya akan datang dalam keadaan putih berseri-seri. Ia (sholat) berkata: "Semoga Allah memeliharamu sebagaimana engkau memeliharaku."



Dalam Kitab An-Nashoihud Diniyah karya ulama besar Yaman Al-Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad (wafat 1132 H/1712 Masehi) disebutkan, orang yang tidak menyempurnakan sholat, maka sholatnya keluar dalam keadaan hitam kelam. Ia (sholat) akan berkata: "Semoga Allah menyia-nyiakanmu sebagaimana engkau menyia-nyiakanku."

Kemudian sholat itu dilipat seperti baju usang yang dilipat, lalu dipukulkan ke wajahnya. Dalam hadits disebutkan: 'Sesungguhnya sholat itu merupakan ketenangan, sikap tunduk dan sikap khusyu'.

Ketika Rasulullah صلى الله عليه وسلم melihat seorang lelaki yang sedang sholat mempermainkan jenggotnya, beliau berkata: "Andaikata hati orang ini khusyu' niscaya anggota-anggota tubuhnya juga khusyu'.

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

"Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar." (QS. Al-'Ankabuut: 45)

Di ayat lain, Allah berfirman:

Allah Ta’ala berfirman,

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

"Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'." (QS. Al-Baqarah: 45)

Semoga Allah memberi kita hidayah dan petunjuk dan menjadikan kita golongan orang-orang yang khusyu' dalam sholat. Aamiin.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3166 seconds (0.1#10.140)