Memperbanyak Istighfar di Waktu Sahur, Sayang Kalau Dilewatkan

loading...
Memperbanyak Istighfar di Waktu Sahur, Sayang Kalau Dilewatkan
Istigfar ini amalan yang cukup mudah tetapi berpahala besar, tentunya harus disertai dengan pemgakuan diri bahwa kita banyak bermaksiat dan lalai mengingat Allah, Rabb yang telah memberikan segalanya kepada kita. Foto ilustrasi/ist
Di waktu sahur di bulan Ramadhan ini memiliki banyak sekali keutamaannya. Salah satunya adalah memperbanyak istighfar . Sayangnya, amalan satu ini sering terabaikan atau dilalaikan, malah kebanyakan kaum muslim saat bersahur, sibuk dengan menonton acara-cara televisi.

Baca juga: Menggelorakan Semangat Ibadah Hingga Akhir Ramadhan

Muslimah, annjuran untuk memperbanyak istighfar di waktu sahur, selaras dengan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang turunnya Allah ke langit dunia:

“Pada setiap malam, Allah ta’ala turun ke langit dunia, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: “Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Dan siapa yang memohon ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni.” (HR Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Sedekah Air? Inilah Keutamaannya



Untuk itu, sebagai muslim kita jangan menyia-nyiakan kesempatan besar ini untuk meraih pahala. Allah telah menawarkan diri-Nya kepada para hamba-Nya untuk memberikan ampunan kepada siapa yang memohon ampun kepada-Nya di waktu sahur.

Allah Ta’ala berfirman mengenai orang-orang shalih.

وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

“Dan orang-orang yang meminta ampun di waktu sahur.” (QS. Ali Imran: 17).

Baca juga: 2 Nikmat Kebahagiaan Puasa yang Sering Diabaikan

Istigfar ini amalan yang cukup mudah tetapi berpahala besar, tentunya harus disertai dengan pemgakuan diri bahwa kita banyak bermaksiat dan lalai mengingat Allah, Rabb yang telah memberikan segalanya kepada kita . Untuk itu, menurut Ustadz Raehanul Bahraen, sebagai seorang muslim kita harus memelas dan memohon ampun kepada Allah serta merendahkan sayap kesombongan.

Baca juga: Citigroup Hengkang dari Bisnis Bank Ritel di 13 Negara, Ekonom: Konsolidasi Wajar Terjadi

Makna Istigfar sendiri ada dua, yakni pertama, kita meminta Agar Allah menutupi dosa kita. Kedua meminta agar Allah mengampuni dan tidak menyiksa kita karena dosa.

Lafadz istighfar sendiri, silakan baca sesuai lafadz yang kita hapal selama tidak berlebihan dan tidak menyimpang dari aturan syariah, karena sebenarnya tidak ada lafal khusus untuk istighfar di waktu sahur. Jadi, beristigfarlah dengan lafadz yang kita yakini dan kita mengerti akan artinya.

Baca juga: 2.680 Orang Masuk Indonesia, Setelah Dicek Ternyata 1.867 Positif Covid-19

Wallahu A'lam
(wid)
cover top ayah
وَقُلِ اعۡمَلُوۡا فَسَيَرَى اللّٰهُ عَمَلَكُمۡ وَرَسُوۡلُهٗ وَالۡمُؤۡمِنُوۡنَ‌ؕ وَسَتُرَدُّوۡنَ اِلٰى عٰلِمِ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمۡ بِمَا كُنۡتُمۡ تَعۡمَلُوۡنَ‌ۚ
Dan katakanlah, “Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, begitu juga Rasul-Nya dan orang-orang mukmin, dan kamu akan dikembalikan kepada Allah yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.”

(QS. At-Taubah:105)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!