Menggelorakan Semangat Ibadah Hingga Akhir Ramadhan

loading...
Menggelorakan Semangat Ibadah Hingga Akhir Ramadhan
Agar semangat melaksanakan ibadah-ibadah di bulan suci Ramadhan ini terus membara, salah satu tipsnya adalah lakukan amalan yang beragam. Foto ilustrasi/SINDOnews
Di minggu pertama bulan Ramadhan, biasanya semangat menjalankan ibadah sangat luar biasa. Namun, seiring waktu berjalan, semangat ibadah ini suka mengendur apalagi menjelang akhir-akhir bulan suci ini. Nah, agar semangat ibadah kita tetap membara , ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Baca juga: Sedekah Air? Inilah Keutamaannya

Dinukil dari berbagai sumber, inilah tips agar semangat menjalankan ibadah-ibadah di bulan suci Ramadhan ini tetap menggelora usai sebulan penuh nanti. Di antaranya:

1. Selalu perbaharui niat

Tanamkan selalu niat yang ikhlas, ingat akan pahala yang akan kita dapatkan dari menjalankan ibadah tersebut. Jika niatan ikhlas ini selalu dirasakan, tergambarlah pahala dan sifat merasa diawasi oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Dengannya, semangat untuk beribadah pun akan terus terjaga.



Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang dari kalian telah memperindah Islamnya, maka setiap kebaikan yang diamalkannya akan dicatat baginya dengan sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus lipat. Dan setiap kejelekan yang ia kerjakan akan dicatat baginya satu kejelekan semisalnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga: 2 Nikmat Kebahagiaan Puasa yang Sering Diabaikan

2. Mutaba’ah kepada Rasulullah

Yakni menjalankan ibadah sesuai dengan petunjuk nabi, sesuai dengan tata cara yang beliau ajarkan dan contohkan. Inilah yang dimaksud dengan mutaba’ah dan akan meningkatkan semangat dalam beribadah. Dengan mutaba’ah pula, ibadah tak akan lagi dilakukan dengan memberatkan diri atau takalluf.

Nabiyullah Shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya agama ini mudah. Tidak ada orang yang bersikap keras dengannya, kecuali akan terkalahkan.” (HR.Bukhari).

Baca juga: Kunci Meraih Derajat Takwa di Bulan Ramadhan, Rajin Baca Al-Qur'an

3. Laksanakan ibadah secara berkelanjutan meski hanya sedikit

Amalan yang sedikit namun dikerjakan secara konsisten, lebih utama dari amalan banyak namun tak rutin. Sebagaimana hadits dari Aisyah radhiyallahu anha, Rasulullah bersabda, “Amalan yang paling dicintai Allah adalah yang paling kontinyu dikerjakan, meskipun sedikit.” (HR. Muslim).

Meski hanya sanggup mengerjakan amalan yang sedikit, jika dikerjakan secara rutin maka lebih baik dari pada amalan banyak namun ditinggalkan di tengah jalan. Dengan melanggengkan ibadah, tentu semangat pun akan lebih maksimal.

4. Amalkan ibadah yang beragam

Agar terus semangat beribadah, hindari amalan yang monoton. Pilihlah yang lainnya yang beragam. Tidak hanya fokus shalat malam, namun juga bertadarus AL Qur’an. Bukan hanya tilawah AL Qur’an, namun juga bersedekah harian. Dan lain-lainnya.

Baca juga: Ustaz Zacky Mirza Pingsan saat Ceramah Tarawih di Siak Riau

Nabi Shallallahu alaihi wa sallam mengabarkan bahwa seseorang akan dipanggil sesuai ibadah yang ia tekuni. Namun kemudian Abu Bakr bertanya, “Apakah ada seseorang yang dipanggil dari seluruh pintu?” Rasulullah menjawab, “Ya, dan aku berharap engkau termasuk mereka, wahai Abu Bakar.” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Utamakan yang Wajib
halaman ke-1
cover top ayah
اِنَّ الۡاِنۡسَانَ خُلِقَ هَلُوۡعًا ۙ‏
Sesungguhnya, manusia diciptakan dengan sifat suka mengeluh.

(QS. Al-Ma'arij:19)
cover bottom ayah
preload video