Hindari Kesalahan Ini Saat Merayakan Idul Fitri

Selasa, 11 Mei 2021 - 16:18 WIB
loading...
A A A
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman :

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اجۡتَنِبُوۡا كَثِيۡرًا مِّنَ الظَّنِّ اِنَّ بَعۡضَ الظَّنِّ اِثۡمٌ‌ۖ وَّلَا تَجَسَّسُوۡا وَلَا يَغۡتَبْ بَّعۡضُكُمۡ بَعۡضًا‌ ؕ اَ يُحِبُّ اَحَدُكُمۡ اَنۡ يَّاۡكُلَ لَحۡمَ اَخِيۡهِ مَيۡتًا فَكَرِهۡتُمُوۡهُ‌ ؕ وَاتَّقُوا اللّٰهَ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيۡمٌ

"Dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Apakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allaah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang." (Q.S Al - Hujurat : 12)



Dalam sebuah hadis riwayat Ahmad dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

"Kami pernah bersama nabi tiba-tiba tercium bau busuk yang tidak mengenakan. Kemudian Rasulullah bersabda, Tahukah kamu, bau apakah ini? Ini adalah bau orang-orang yang mengghibah kaum mu'minin."

Memaknai Idul Fitri dengan Baik

Idul Fitri memiliki banyak makna. Makna Idul Fitri secara harfiah adalah festival atau perayaan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkan kepada umatnya untuk memaknai Hari Raya Idul Fitri sebagai kemenangan.



Gerbang baru bagi orang-orang yang telah menjadi pribadi lebih baik. Baik dari segi apapun, misalnya dari ibadah, sifat, atau penampilan. Namun, makna baik dalam hal ini adalah hal-hal yang makin mendekatkan diri dengan Allah. Semakin patuh terhadap perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Maka dari itu, jangan nodai Hari Raya Idul Fitri yang suci ini dengan perbuatan-perbuatan yang dapat menjerumuskan kita kepada api neraka.

Perayaan Idul Fitri sendiri akan berlangsung selama dua hingga tiga hari, di mana pada pagi hari di hari pertama Idul Fitri umat Islam akan melakukan sholat Ied. Di saat yang bersamaan umat Islam akan saling mengucapkan selamat Idul Fitri dan bermaaf-maafan.



Wallahu A’lam.
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)