BMKG Prediksi Hilal 1 Syawal Akan Terlihat 12 Mei Besok

loading...
BMKG Prediksi Hilal 1 Syawal Akan Terlihat 12 Mei Besok
BMKG memprediksi hilal 1 Syawal terlihat besok pada 12 Mei 2021 pada sore atau menjelang maghrib. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan secara astronomi bahwa tinggi hilal pada tanggal 11 Mei 2021 tidak tampak.

Hilal akan terlihat pada 12 Mei pada sore atau menjelang magrib, sehingga dapat dipastikan 1 Syawal 1442 H atau Lebaran Idul Fitri akan jatuh pada 13 Mei 2021.

“Secara astronomi tinggi hilal sore hari ini di seluruh Indonesia adalah minus (-), maka pengamatan hilal tanggal 11 Mei tidak akan tampak hilalnya, sehingga tanggal 12 Mei masih bulan Ramadhan,” ungkap Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Ahmad Taufan dalam keterangannya, Selasa (11/5/2021).Baca juga: BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem dalam Sepekan ke Depan

Taufan pun memastikan, hilal baru terlihat besok pada 12 Mei 2021 pada sore atau menjelang maghrib. Dengan demikian, pergantian menuju 1 Syawal 1442 H adalah setelah matahari tenggelam pada 12 Mei 2021. Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa Lebaran akan jatuh pada 13 Mei 2021.

“Sedangkan hilal tanggal 12 besok sore/menjelang magrib karena tinggi hilal seluruh Indonesia sudah positif maka kemungkinan besar akan nampak hilal, sehingga setelah matahari tenggelam tanggal 12 Mei sudah memasuki bulan baru,” papar Taufan.



Sebelumnya, Taufan meminta masyarakat bersabar menunggu jatuhnya 1 Syawal 1442 H. Pengumuman resmi akan disampaikan Kementerian Agama setelah melakukan sidang isbat.

“Pengamatan masih terus dilakukan sampai dengan hari ini, itu masih hipotesa, belum pasti, semua hasil pengamatan akan disampaikan resmi melalui Kemenag RI pada sidang isbat,” ujarnyaBaca juga: Jokowi Kutuk Kekerasan terhadap Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa
(dam)
cover top ayah
اَلَمۡ تَكُنۡ اٰيٰتِىۡ تُتۡلٰى عَلَيۡكُمۡ فَكُنۡتُمۡ بِهَا تُكَذِّبُوۡنَ‏
Bukankah ayat-ayat-Ku telah dibacakan kepadamu, tetapi kamu selalu mendustakannya?

(QS. Al-Mu’minun:105)
cover bottom ayah
preload video