Mengenal Malaikat Zabaniyah, Siapa dan Apa Tugasnya?

Minggu, 30 Mei 2021 - 17:10 WIB
loading...
Mengenal Malaikat Zabaniyah, Siapa dan Apa Tugasnya?
Selain 10 nama malaikat yang dikenal dalam Islam, ternyata ada lagi nama malaikat yang juga tercantum dalam Al-Quran yaitu malaikat Zabaniyah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Di antara malaikat yang Allah Subhanahu wa ta'ala sebutkan dalam Al-Qur'an ada nama Malaikat Zabaniyyah. Siapakan malaikat ini? Dan apa tugas yang Allah turunkan kepadanya?

Dalam Islam, beriman dan meyakini keberadaan malaikat merupakan salah satu dari rukun iman . Umumnya, sebagai seorang muslim, kita hanya mengetahui ada 10 nama malaikat dengan masing-masing tugasnya yang sudah Allah Ta'ala tetapkan kepadanya. Namun, ternyata Al-Qur'an juga mencantumkan nama Malaikat Zabaniyah.



Allah Ta'ala berfirman,

فَلۡيَدۡعُ نَادِيَهُۥ ١٧ سَنَدۡعُ ٱلزَّبَانِيَةَ ١٨

“Maka biarlah dia (Abu jahl)) memanggil golongannya (untuk menolongnya). kelak Kami akan memanggil malaikat Zabaniyah.” (QS. Al-‘Alaq: 17-18).

Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, malaikat Zabaniyah adalah malaikat azab. "(biarlah mereka memanggil gologannya, kami akan memanggil Zabaniyah), sehingga dia tahu, siapa yang akan menang. Kelompok kami atau kelompoknya". (Tafsir Ibn Katsir, 8/438).



Selanjutnya, Ibnu Katsir menyebutkan riwayat dari Ibnu Abbas, yang menceritakan sebab turunnya ayat di atas, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat di dekat maqam Ibrahim. Tiba-tiba datang Abu Jahal, dan mengatakan, “Hai Muhammad, bukankah saya telah melarangmu untuk melakukan praktek semacam ini?” lalu Abu Jahal mengancam beliau. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membalas ancamannya, hingga membuat Abu Jahal marah, dan membentak Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dia mengatakan,

“Hai Muhammad, kamu mau ngancam pake apa? Demi Allah, saya orang yang paling banyak pendukungnya di wilayah ini.”

Kemudian Allah turunkan ayat,

فَلْيَدْعُ نَادِيَهُ سَنَدْعُ الزَّبَانِيَةَ

"Biarlah dia memanggil golongannya (untuk menolongnya), kelak Kami akan memanggil malaikat Zabaniyah.



Selain Ibnu Katsir, para ahli tafsir semisal Mujahid, Abu Qatadah dan Dhahak berkata, “Zabaniyyah adalah malaikat. Abul Hudzail berkata: Zabaniyah itu kaki mereka berpijak dibumi sedangkan kepala mereka di langit.” (Tafsir ThabarI dalam tafsir Al-’Alaq).

Ustadz Muhammad Ihsan, anggota Dewan konsultasi Bimbingan Islam, menjelaskan Zabaniyyah diambil dari akta zabn (زبن) yang berarti (دفع) yaitu mendorong. Kenapa para malaikat tersebut dinamakan zabaniyyah? Para ulama menjelaskan karena mereka mendorong para penghuni neraka masuk ke dalam neraka. (Lisanul ‘Arab : 13/194).



Dari penjelasan di atas kita tahu Malaikat Zabaniyah adalah para malaikat yang ditugaskan untuk mengurus dan menyeret para penghuni neraka masuk ke dalam neraka. Qatadah berkata, “Zabaniyyah berarti penjaga. ‘Atha berkata: mereka adalah malaikat yang kasar lagi keras. Muaqtil berkata : zabaniyyah adalah penjaga neraka Jahanam.” (Zaadul Masiir Fi ‘Ilmi Tafsir karya ibnul Jauzy: 4/468).

Lantas bagaimana sifat Malaikat Zabaniyah ini? Menurut dai lulusan Ilmu Hadis STDI Imam Syafi’i Jember ini, di antara sifat-sifat malaikat zabaniyah, yang Allah sebutkan dalam Al-Qur'an adalah kasar, keras, patuh kepada Allah, dan tidak pernah melanggar apa yang Allah perintahkan.



Allah berfirman,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ قُوٓاْ أَنفُسَكُمۡ وَأَهۡلِيكُمۡ نَارٗا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلۡحِجَارَةُ عَلَيۡهَا مَلَٰٓئِكَةٌ غِلَاظٞ شِدَادٞ لَّا يَعۡصُونَ ٱللَّهَ مَآ أَمَرَهُمۡ وَيَفۡعَلُونَ مَا يُؤۡمَرُونَ ٦

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-tahrim: 6).



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3084 seconds (0.1#10.140)