Melecehkan dan Memfitnah Ulama Adalah Makar Terhadap Agama

Senin, 31 Mei 2021 - 05:00 WIB
loading...
Melecehkan dan Memfitnah Ulama Adalah Makar Terhadap Agama
Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad/Foto Ist
A A A
Penceramah kondang Ustaz Adi Hidayat (UAH) dan Ustaz Abdul Somad (UAS) menjadi sasaran fitnah dan berita palsu. Mereka berdua diberitakan seolah-olah menyelewengkan dana sumbangan untuk rakyat Palestina.



Kini, Ustaz Adi Hidayat sudah menyiapkan pengacara untuk melaporkan pihak yang melakukan fitnah tersebut. UAH sukses menghimpun donasi bantuan dana untuk Palestina Rp30 miliar dan sampai kini terus melakukan penggalangan dana.

"Jangan ganggu singa yang sedang berzikir. Kalau sudah mengaum, itu akan sangat sulit untuk dihentikan," kata Adi Hidayat dalam video bertajuk "Masih Mau Audit! Ini Laporannya! yang diposting di chanel Youtubenya, Sabtu 29 Mei 2021.

Adi Hidayat mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pengacara dan pihak lainya. "Tolong jangan siapkan materai karena saya sudah banyak materai ini kepada orang-orang yang fitnah dan sebagainya. Saya sudah tempuh langkah hukum," tandasnya.

Tanpa menyebut pihak yang akan dilaporkan, Adi Hidayat mengaku sudah memiliki berbagai bukti fitnah terhadapnya. Salah satunya berupa tangkapan layar atau screenshot tulisan di laman internet.

Sebelumnya Adi Hidayat mendapatkan kabar bahwa konten fitnah itu sudah dihapus. "Kalaupun anda hapus, saya dapat laporan dihapus. Saya sudah katakan dari awal, kami ini tim riset, tidak sembarangan. Kalau ada yang coba-coba berbuat sesuatu sudah tercatat di sistem kita, sudah kami download duluan, screen shoot, sampai yang komen-komen sudah kena screenshoot semua," tuturnya.

Ustaz Adi juga berkoordinasi dengan tim siber di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri. "Supaya bisa diberikan pelajaran," katanya.



Di sisi lain fitnah dan berita hoaks juga menimpa Ustaz Abdul Somad atau UAS. Video YouTube di akun Suara Istana yang diunggah pada 18 Mei 2021 menyiarkan berita bohon dan fitnah berjudul "Berita Terkini ~ UAS Di Jemput Paksa!! Somat Terbukti Menggelapkan Sumbangan Dana Palestina".

Video berdurasi 10 menit 5 detik hanya berisi pendapat tentang cara UAS menggalang dana, tak hanya untuk Palestina, tetapi juga untuk membeli kapal selam. Rupanya judul itu dibuat hanya untuk mencemarkan nama baik UAS. Tujuan lainnya adalah mengundang orang untuk menonton. Viewer yang tinggi akan menghasilkan duit yang banyak pula. Diduga motifnya adalah mencari duit.

Melecehkan Ulama
Pada suatu ketika, mendiang Tengku Zulkarnain mengingatkan agar waspada terhadap fitnah, di mana banyak orang baik yang dianggap jahat, sebaliknya orang yang jahat justru dijadikan panutan.

"Waspada fitnah akhir zaman. Ulama dan orang baik difitnah dan dikatakan jahat. Dan banyak orang orang hina yang percaya. Sementara para pejabat penipu rakyat yang pembohong dipuja-puja. Dan banyak manusia hina penghamba syahwat percaya. Akankah kita terlibat dalam pusaran fitnah itu?" kata wakil mantan sekretaris jenderal Majelis Ulama Indonesia itu.



Para ulama memiliki kedudukan yang mulia dan agung di sisi Allah. Allah telah meninggikan derajat mereka dan mengistimewakan mereka dari yang lainnya. Allah SWT berfirman,

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. [ QS al-Mujadilah : 11 ].

Dalam ayat lain Allah berfirman:

قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لاَيَعْلَمُونَ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُوا اْلأَلْبَابِ

Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui” Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran. [ QS az- Zumar : 9 ].
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)