Ketika Abu Nawas dengan Sukarela Masuk ke Penjara

loading...
Ketika Abu Nawas dengan Sukarela Masuk ke Penjara
Ilustrasi/Ist
Baginda Raja Harun Al Rasyid mempunyai dua orang putra. Pertama bernama Al Amin yang kedua bernama Al Ma'mun. Al Amin ternyata sangat bodoh dan pemalas. Sedang Al Ma'mun terkenal rajin dan pintar dalam bidang ilmu sastra.

Baca juga: Duluan Mana Telur atau Ayam? Begini Jawaban Cerdas Abu Nawas

Raja sangat menyukai Al Ma'mun karena kecerdasannya tersebut. Ini tentu membuat sang permaisuri tidak suka, lantaran sang Raja dianggap pilih kasih. Padahal keduanya sama-sama putranya. "Suamiku kenapa tidak begitu menyayangi Al Amin?" tanya sang permaisuri suatu ketika.

"Karena ia tidak bisa membuat syair dan tidak kenal dengan ilmu sastra," jawab sang Raja.

“Suamiku, sebenarya kalau mau Al Amin akan lebih menguasai ilmu sastra daripada saudaranya. Sebenarnya ia lebih cerdas. Ia hanya malas saja," tutur permaisuri membela Al Amin.

"Apa buktinya?."

"Baik, tidak lama lagi Baginda akan melihat buktinya," ucap permaisuri yakin.

Pada suatu siang sang permaisuri memanggil putranya Al Amin.

"Aku baru saja berdebat dengan ayahmu mengenai dirimu," kata sang permaisuri kepada putranya tersebut. "Aku tidak rela kamu dipandang sebelah mata dan dibanding-bandingkan dengan kakakmu. Karena itu kamu harus bisa menandinginya. Mulai sekarang kamu harus tekun mempelajari ilmu sastra, supaya menjadi seorang penyair yang hebat."

Baca juga: Benarkah Kisah Harun A-Rasyid dan Abu Nawas Bohong Belaka?
halaman ke-1
cover top ayah
اِنَّ الۡمُنٰفِقِيۡنَ يُخٰدِعُوۡنَ اللّٰهَ وَهُوَ خَادِعُوْهُمۡ‌ ۚ وَاِذَا قَامُوۡۤا اِلَى الصَّلٰوةِ قَامُوۡا كُسَالٰى ۙ يُرَآءُوۡنَ النَّاسَ وَلَا يَذۡكُرُوۡنَ اللّٰهَ اِلَّا قَلِيۡلًا
Sesungguhnya orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allah-lah yang menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk shalat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud ria (ingin dipuji) di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali.

(QS. An-Nisa:142)
cover bottom ayah
preload video