Doa Bangun Tidur Sesuai Sunnah Lengkap Latin dan Artinya

Senin, 31 Mei 2021 - 04:30 WIB
loading...
Doa Bangun Tidur Sesuai Sunnah Lengkap Latin dan Artinya
Kaum muslimin diperintahkan agar senantiasa berdoa dan berzikir ketika bangun dari tidur. Foto/Ist
A A A
Doa bangun tidur sesuai Sunnah Nabi ternyata tidak cuma satu riwayat yang lazim dibaca kaum muslimin saat bangun. Akan tetapi ada banyak doa yang diajarkan Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Sebagaimana dijelaskan dalam Hadis Nabi bahwa seorang yang tidur itu diikat oleh setan. "Setan membuat ikatan sebanyak tiga kali pada tengkuk kepala seseorang di antara kalian bila ia tidur. Pada tiap ikatan setan memukulnya seraya mengatakan, 'Engkau akan menjalani malam yang panjang, tidurlah (dengan nyenyak).' Apabila ia terbangun dan berdoa kepada Allah maka terbukalah satu ikatannya. Bila ia berwudhu maka terbuka pula satu ikatan lagi. Dan bila ia sholat, maka terlepaslah semua ikatannya, hingga di pagi harinya ia bersemangat dan penuh kesegaran. Tetapi jika tidak demikian, maka di pagi harinya ia menjadi lesu dan malas." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Berikut Doa Bangun Tidur yang Diajarkan Nabi Muhammad:

1. Doa yang Diriwayatkan Imam Al-Bukhari
Berikut bacaan doa bangun tidur yang lazim dibaca kaum muslimin.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Alhamdullillahilladzi Ahyaanaa ba'damaa Amaatanaa wa ilaihin Nusyuur.

Artinya:
Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan. (HR Al-Bukhari No 6325)

2. Doa Bangun Tidur yang Diriwayatkan Imam At-Tirmidzi.
Doa ini termasuk zikir ketika bangun dari tidur. Berikut lafaznya:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِيْ جَسَدِيْ، وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ، وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

Alhamdullillahilladzi 'Afaani fii Jasadi, wa Rodda Alayya ruuhii, wa Adzina Lii bi Dzikrih.

Artinya:
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya. (HR at-Tirmidzi No 3401)

3. Doa Bangun Tidur di Tengah Malam
Berikut doa bangun tidur yang diajarkan Nabi Muhammad ketika bangun di tengah malam.

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. سُبْحَانَ اللَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، رَبِّ اغْفِرْ لِي

Laailaha illallahu Wahdahu Laa Syarikalahu, Lahul Mulku walahulhamdu wa Huwa 'ala kulli Syaiin Qadiir. Subhaanallah walhamdulillahi walaa ilaaha illallahu wallahu Akbar wala haula walaa Quwwata illa billaahi. Robbighfirlii.

Artinya:
Tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah semata, Tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah. Dan tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, Allah Mahabesar, dan tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. Ya Tuhanku, ampunilah aku. (HR Ahmad)

4. Doa yang Diriwayatkan Imam Abu Dawud
Dari Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha, Rasulullah apabila bangun dari tidurnya di malam hari, beliau selalu mengucapkan doa ini:

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَسْتَغْفِرُكَ لِذَنْبِي وَأَسْأَلُكَ رَحْمَتَكَ اللَّهُمَّ زِدْنِي عِلْمًا وَلَا تُزِغْ قَلْبِي بَعْدَ إِذْ هَدَيتَنِي وَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Laa ilaha Illa Anta Suhbanaka, Allahumma wa Bihamdika Astaghfiruka lidzambii wa As-aluka Rohmataka, Allahumma Zidnii 'Ilman wa Laa Tuzigh Qolbii Ba'da idz Hadaitani wa Hablii min Ladunka Rohmatan Innaka Antal-Wahhab.

Artinya:
Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, ya Allah; aku memohon ampun kepada-Mu karena dosa dosaku dan aku memohon rahmat-Mu. Ya Allah, berilah aku tambahan ilmu dan janganlah Engkau jadikan hatiku condong kepada kesesalan sesudah Engkau memberi petunjuk kepadaku, dan karuniakanlah kepadaku kasih sayang dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau adalah tuhan Yang Maha Pemberi. (HR. Abu Dawud)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3439 seconds (0.1#10.140)