Beda Lokasi Padang Mahsyar Dunia dan Akhirat: Sama-Sama Menakutkan

Jum'at, 04 Juni 2021 - 15:30 WIB
loading...
A A A
Artinya: Ada yang terpotong tangan dan kakinya. Yang terpotong-potong tangan dan kakinya adalah orang yang selalu mengganggu tetangganya.”

Kesembilan,

، وبعضهم أشد نتنا من الجيف والذين هم أشد نتنا من الجيف فالذين يتمتعون بالشهوات واللذات، ويمنعون حق الله من أموالهم.

Artinya: Ada yang baunya lebih busuk dari bangkai. Yang bahunya lebih busuk dari pada bangkai adalah orang yang selalu memuaskan hawa nafsunya, bergelimang dalam dosa syahwat dan menolak menunaikan hak Allah dalam harta kekayaannya.”
Kesepuluh,

، وبعضهم ملبسون جلابيب سابغة من القطران لاصقة بجلودهم والذين يلبسون الجلابيب: فأهل الكبر والفخر والخيلاء

Artinya: Ada yang memakai baju-baju panjang (terbuat dari timah meleleh). Mereka adalah orang yang selalu takabur, suka bermegah dan memuji diri.” (Lihat Sidi Abdul Latif at-Tajkani, al-Khuthabul ‘Aqaidiyyah [Beirut, Dar al-Kutub al-Ilmiyyah: 2012], Cetakan I, Hal. 167-168).



Bebas dari Hitungan Amal
Di Padang Mahsyar, semua manusia menginginkan agar Allah segera melakukan penghisaban amal karena sudah tidak tahan dengan panasnya matahari.

Sebelum adanya hisab amal ternyata ada tiga golongan yang dipanggil oleh Allah untuk masuk surga. Dalam artian tiga golongan ini bebas dari hitungan amal.

Dalam kitab Syarh Daoiqul Akhbar disebutkan tiga golongan yang dipanggil ke surga sebelum perhitungan atau hisab amal perbuatan.

Pertama, orang-orang yang mempunyai keutamaan, yaitu orang-orang yang sabar dan memaafkan ketika dizalimi.

Kedua, orang-orang yang sabar atas menjalankan amal saleh sebagai bentuk ketaatan kepada Allah dan sabar dalam menghindari segala bentuk kemaksiatan kepada Allah.

Ketiga, orang-orang yang saling mencintai karena Allah. Oleh karena itu, semoga kita masuk kepada salah satu dari ketiga golongan tersebut. Amin
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2277 seconds (0.1#10.140)