Sudah Taat, Tetapi Persoalan Hidup Tak Kunjung Dapat Solusi

Jum'at, 04 Juni 2021 - 16:10 WIB
loading...
Sudah Taat, Tetapi Persoalan Hidup Tak Kunjung Dapat Solusi
Al-Habib Quraisy Baharun, pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat. Foto/Ist
A A A
Di antara kaum muslimin mungkin pernah mengalami kecemasan karena persoalan hidup tak kunjung diberi solusi. Bahkan sudah taat, tetapi jalan keluar belum juga terlihat. Apa sebab?

Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Al-Habib Quraisy Baharun dalam satu kajiannya memberi nasihat yang indah. Beliau menukil salah satu firman Allah.

ومن يتق الله يجعل له مخرجا ويرزقه من حيث لا يحتسب

"Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, maka Allah akan memberikan jalan keluar baginya. Dan akan memberinya rezeki dari jalan yang tidak ia duga" (QS. Ath Thalaq: 2-3)



Mungkin ada orang yang mendapat musibah dan cobaan, lalu ia berusaha bertakwa, menjalankan apa yang Allah perintahkan dan menjauhi apa yang dilarang-Nya. Namun, jalan keluar dan solusi belum juga datang? Mengapa musibah dan kemalangan terus menimpa?

Dijelaskan dengan indah oleh Ibnu Abi Izz Al-Hanafi rahimahullah:

فقد ضمن الله للمتقين أن يجعل لهم مخرجا مما يضيق على الناس، وأن يرزقهم من حيث لا يحتسبون، فإذا لم يحصل ذلك دل على أن في التقوى خللا، فليستغفر الله وليتب إليه

"Allah ta'ala menjamin bagi orang-orang bertakwa bahwa Dia akan memberikan jalan keluar dari perkara yang menyulitkannya dalam hubungan terhadap manusia. Dan Allah menjamin bahwa Dia akan memberikan rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka."

Jika itu belum terjadi, maka ini menunjukkan bahwa dalam ketakwaannya masih ada cacat. Maka hendaknya ia meminta ampunan kepada Allah dan bertaubat kepadanya." (Syarah Al Aqidah Ath Thahawiyah dengan ta'liq Syekh Yasin Abul Abbas Al Adeni hal. 333-334).

Maka bagi yang punya masalah dan solusi belum kunjung datang, coba renungkan. Mungkin akidah kita belum lurus, sholat kita belum khusyu'. Belajar agamanya masih kurang semangat, mungkin juga zikir dan sholawatnya belum banyak.

Atau bisa jadi cara menutup aurat kita belum sempurna, bakti kepada orang tua masih kurang, sedekah kita kurang banyak. Atau lisan kita masih suka berkata kotor dan pandangan mata kita belum terjaga.

"Atau mungkin semua amal kebaikan yang kita lakukan belum ikhlas untuk Allah. Jika demikian, mari kita perbaiki semuanya, semoga solusi dari masalah-masalah kita segera diberi jalan keluar oleh Allah. Yakinlah dengan janji Allah!" kata Habib Quraisy.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)