Fadhillah Luar Biasa dari Membaca 100 Ayat Al-Qur'an Saat Shalat Malam

loading...
Fadhillah Luar Biasa dari Membaca 100 Ayat Al-Quran Saat Shalat Malam
Ketika shalat malam, kita dianjurkan membaca 100 ayat Al Quran yang nilai pahalanya sama dengan melaksanakan shalat sepanjang malam. Foto ilustrasi/ist
Membiasakan bangun malam dan membaca 100 ayat Al-Qur'an dalam shalat malam , ternyata memiliki fadhillah luar biasa. Dari Tamim Ad Dary radhiyalahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” (HR. Ahmad dan di shahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’).

Baca juga: Penyakit Umat Rasulullah yang Penting Diketahui

Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc menjelaskan, ketika membaca ayat-ayat tersebut di dalam shalat-shalat sunnah malam Tahajud dan Witir, maka kita perhatikan jumlah ayat-ayat yang kita baca agar bisa meraih apa yang dijanjikan dalam hadis.

Pendiri jaringan dakwah Rodja ini mencontohkan, membaca QS asy-Syams (terdiri dari 15 ayat) di raka’at pertama, lalu membaca QS Adh Dhuha (11 ayat) di raka’at kedua, lalu salam, dengan demikian telah dibaca sedikitnya 26 ayat di sesi pertama.



Baca juga: Bijak Memahami Kekurangan Pasangan

Lalu lanjut shalat tahajjud 2 raka’at lagi dengan membaca surat-surat lainnya seperti QS al-Buruuj (22 ayat) di roka’at pertama, lalu membaca QS al-Qodr (5 ayat) di aoka’at kedua, lalu salam, dengan demikian telah dibaca sedikitnya 27 ayat di sesi kedua.

Total sesi 1 dan 2 sudah 26 + 27 = 53 ayat. Dan begitu seterusnya, sehingga total minimal 100 ayat. Maka insyaAllah, pahala sholat sepanjang malam akan kita dapatkan.

Baca juga: Pekerjaan Iblis, Menghiasi yang Buruk Menjadi Indah

Digolongkan Sebagai Orang yang Taat

Fadhilah membaca 100 ayat Al-Qur'an juga dijelaskan dalam hadis berikut. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَامَ بِعَشْرِ آيَاتٍ لَمْ يُكْتَبْ مِنَ الْغَافِلِينَ ، وَمَنْ قَامَ بِمِائَةِ آيَةٍ كُتِبَ مِنَ الْقَانِتِينَ ، وَمَنْ قَامَ بِأَلْفِ آيَةٍ كُتِبَ مِنَ الْمُقَنْطِرِين

Baca juga: Korban Pelecehan Seksual Kebanyakan Alami Tonic Immobility, Apa Itu?

"Barangsiapa yang membaca 10 ayat dalam shalat malamnya, maka ia tidak ditulis dalam golongan orang yang lalai. Barangsiapa yang membaca 100 ayat dalam shalat malamnya, maka ia akan ditulis dalam golongan orang-orang yang taat. Barangsiapa yang membaca 1.000 ayat dalam shalat malamnya, maka ia akan ditulis sebagai orang-orang pengumpul pahala."

Baca juga: Pembangunan LRT Jabodebek Sudah 84,7%, Jokowi Sebut Akan Beroperasi Juni 2022

Al-Imam Al-Amiri dalam Kitab al-Bahjah berkata: "Hendaknya orang yang membaca Al-Qur'an dalam setiap bulan menghatamkan dua kali. Satu di malam hari dalam shalat malam dan yang satu lagi di siang harinya."

Beliau mengatakan bahwa hal ini sangatlah mudah untuk ditekuni. Dan memang benar apa yang telah diucapkan beliau. Barangsiapa yang bisa melakukannya, maka ketahuilah bahwa itu hanyalah orang-orang yang diberi taufik oleh Allah Ta'ala.

Baca juga: Gelar Profesor Kehormatan Megawati Dikritik, 2 Guru Besar Pasang Badan

Wallahu A'lam
(wid)
cover top ayah
فَاِنَّ مَعَ الۡعُسۡرِ يُسۡرًا
Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan,

(QS. Al-Insyirah:5)
cover bottom ayah
preload video