Selama Pandemi Produk Makanan Halal Eksis, Teknologi ERP Dukung Peningkatan Pemasaran

Rabu, 30 Juni 2021 - 21:56 WIB
loading...
Selama Pandemi Produk Makanan Halal Eksis, Teknologi ERP Dukung Peningkatan Pemasaran
Setahun pandemi COVID-19 sektor makanan halal justru semakin eksis dan unjuk gigi. Teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis Cloud membantu para pelaku bisnis makanan halal tetap produktif. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Setahun pandemi COVID-19 sektor makanan halal justru semakin eksis dan unjuk gigi. Teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis Cloud membantu para pelaku bisnis makanan halal tetap produktif menjalani bisnisnya.

Menurut Laporan Ekonomi dan Keuangan Syariah (LEKSI) 2020 Bank Indonesia, ekspor makanan halal Indonesia pada 2020 tumbuh sebesar 38,02%. Ekspor bahan makanan halal mencapai nilai USD34,16 miliar atau naik 14,55% dibandingkan 2019. (Baca juga; Industri Halal Bisa Jadi Pemicu Pemulihan Ekonomi Nasional )

Berdasarkan data, kelompok komoditas sebagai penyumbang ekspor bahan makanan halal 2020 adalah lemak hewani dan nabati serta minyak sawit. Nilai ekspor komoditas tersebut sebesar USD19,77 miliar dengan pangsa 57,86% terhadap total ekspor bahan makanan halal. (Baca juga; Sudah Bebas Biaya, Wapres Imbau Pelaku UMK Urus Sertifikasi Halal )

Laporan McKinsey & Company menyebutkan terjadi pergeseran perilaku konsumen selama pandemi sehingga makanan halal menjadi tren. Laporan berjudul “Reimagining Food Retail in Asia after COVID-19” itu menyebutkan, konsumen lebih memilih makanan yang sehat dan dibuat dari bahan-bahan lokal.

Untuk itu, SystemEver, perusahaan teknologi Cloud ERP asal Korea Selatan mendorong industri makanan halal tanah air berinovasi dengan memanfaatkan teknologi untuk menjejaki pasar dunia dengan lebih efektif. SystemEver menghadirkan seri i5 yang paling cocok bagi pelaku bisnis makanan halal untuk mengoptimalkan layanan distribusi secara efektif dan efisien.

“Penjualan dan distribusi makanan halal di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa selama pandemi. Kami menghadirkan seri i5 khusus distribusi dan penjualan sebagai bentuk dukungan agar para pelaku bisnis makanan halal di Indonesia bisa lebih mudah melakukan ekspansi ke pasar dunia,” ujar Representative SystemEver Indonesia, Charles Kwon dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/6/2021).

Charles Kwon menambahkan, SystemEver sangat tepat diaplikasikan selama pandemi ini. Sebab, teknologi ERP membantu para pelaku bisnis makanan halal tetap produktif, dari mana pun dan kapan pun dengan suguhan data yang akurat dan aman.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)