Inilah Nestapa Manusia di Padang Mahsyar

loading...
Inilah Nestapa Manusia di Padang Mahsyar
ilustrasi di padang mahsyar. Foto istimewa
Seluruh manusia kelak di hari kiamat , akan digiring ke p adang mahsyar dengan berbagai kondisi yang berbeda sesuai dengan amalnya. Ustadz Abu Bassam Oemar Mita dalam laman instagramnya menggambarkan bagaimana nestapa manusia dan jin di padang mahsyar ini. Berikut penjelasannya:

Baca juga: Sabar Menunggu Jalan Keluar dari Allah Ta'ala

1. Tidak berpakaian

Seluruh manusia dan jin, sejak zaman nabi Adam dan iblis hingga manusia dan jin yang terakhir kali meninggal pada tiupan sangkakala yang pertama, digiring dan dikumpulkan di padang mahsyar.

Mereka tidak mengenakan sehelai kain pun, tidak beralas kaki dan dalam keadaan belum dikhitan, was-was menunggu keputusan nasibnya di hadapan Allah.

Baca juga: Amalan yang Sangat Dianjurkan dalam 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

حْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حُفَاةً عُرَاةً غُرْلً

"Manusia dikumpulkan pada hari kiamat dalam keadaan tidak beralas kaki, telanjang dan kulup." (HR. Muslim: 5102)

2. Matahari didekatkan

Pada saat itu matahari didekatkan dia atas kepala mereka sejarak satu mil. Panas teriknya membakar kulit hamba, hingga keringat mereka bercucuran deras membenam sebagian atau bahkan seluruh tubuh mereka. Keringat sebagian mereka bahkan meresap ke dalam tanah sedalam 70 hasta.

Baca juga: Bolehkah Perempuan Haid Berwudhu Sebelum Tidur?

Dari Abu Hurairah radhiyallahu an'hu bahwasannya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa sallam bersabda,
"Pada hari kiamat manusia berkeringat, hingga keringat mereka di bumi setinggi tujuh puluh hasta dan menenggelamkan mereka hingga telinga." (HR. Bukhari: 6051)

3. Seribu tahun di dunia satu hari di akhirat

Keringat-keringat yang keluar sesuai kadar dosa mereka di dunia, begitu menyiksa dan belum lagi lamanya menunggu keputusan Allah. Setiap orang menunggu giliran untuk dipanggil, diadili dan menunggu keputusan Allah, padahal satu hari di akhirat adalah sama dengan 1000 tahun di dunia.

Baca juga: Terungkap, Informan Shin Bet Dalang Aksi Kejahatan Terhadap Komunitas Palestina

Sebagaimana dijelaskan oleh Allah Ta'ala dalam firman-Nya:

"Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu." (QS. Al-Hajj: 47)

Baca juga: Instruksi Mendagri PPKM Darurat Telah Terbit, Begini Rincian Pengetatan Kegiatan Masyarakat

Wallahu A'lam
(wid)
cover top ayah
وَلَيۡسَتِ التَّوۡبَةُ لِلَّذِيۡنَ يَعۡمَلُوۡنَ السَّيِّاٰتِ‌ ۚ حَتّٰۤى اِذَا حَضَرَ اَحَدَهُمُ الۡمَوۡتُ قَالَ اِنِّىۡ تُبۡتُ الۡـــٰٔنَ وَلَا الَّذِيۡنَ يَمُوۡتُوۡنَ وَهُمۡ كُفَّارٌ ‌ؕ اُولٰٓٮِٕكَ اَعۡتَدۡنَا لَهُمۡ عَذَابًا اَ لِيۡمًا
Dan tobat itu tidaklah diterima Allah dari mereka yang melakukan kejahatan hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, barulah mengatakan, “Saya benar-benar bertobat sekarang.” Dan tidak pula diterima tobat dari orang-orang yang meninggal sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan azab yang pedih.

(QS. An-Nisa:18)
cover bottom ayah
preload video