Ibadah dan Sabar Adalah Vaksin Terampuh

Selasa, 06 Juli 2021 - 15:12 WIB
loading...
Ibadah dan Sabar Adalah Vaksin Terampuh
Salah satu kegiatan ibadah di Masjid Nabawi Madinah selalu melazimkan pengajian usai sholat fardhu. Foto/Ist
A A A
Pandemi Covid-19 yang merenggut banyak nyawa di dunia menyadarkan kita bahwa manusia itu sejatinya lemah. Dalam situasi saat ini, Ibadah dan Sabar diyakini sebagai vaksin terampuh.

Di tengah merebaknya wabah Corona saat ini, semua negara berlomba-lomba melakukan vaksinasi sebagai upaya ikhtiar membentengi warganya termasuk Indonesia. Dalam ilmu medis, vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit.



Tidak ada yang salah dengan program vaksinasi ini. Namun, upaya ikhtiar secara medis hendaknya seiring dengan jalan agama yang memberi banyak solusi atas persoalan hidup manusia. Tak ada tempat berlindung yang mampu mengatasi dan memberikan manfaat maupun mudharat kecuali sang Khalik Yang Maha Kuasa.

Jika kita mengulas apa yang terjadi hari ini tentu semuanya merupakan ketentuan Zat Yang Maha Perkasa, Allah 'Azza wa Jalla. Tak ada sehelai daun pun yang gugur melainkan atas kehendak Nya.

Dalam perspektif Islam, apa saja yang terjadi di muka bumi termasuk turunnya hujan atau jatuhnya daun telah tercatat dalam Lauhul Mahfuzh sejak 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi. Ini diterangkan dalam Hadis Sahih, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

كَتَبَ اللهُ مَقَادِيْرُ الخَلاَئِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ بِخَمْسِيْنَ أَلْفَ سَنَةٍ

"Allah telah mencatat takdir setiap makhluk sebelum 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi." (HR Muslim No 2653, dari 'Abdullah bin 'Amr bin Al-'Ash)

Apa yang terjadi saat ini bukan berarti datang begitu saja, tetapi terjadi dengan sebab-sebabnya sebagaimana ketentuan Allah Yang Maha Agung.

Pengasuh Yayasan Al-Fachriyah Tangerang Al-Habib Jindan bin Novel Salim Jindan dalam satu tausiyah di Ponpes Al-Fachriyah mengatakan, ibadah dan sabar adalah obat terbaik di zaman ini.

"Mana lebih ampuh vitamin apa sabar? Sabar. Vaksin apa sabar? Sabar. Sabar itu vaksin terampuh," katanya saat memberi ceramah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengajarkan umatnya agar berserah diri itu kepada Allah, bukan kepada makhluk. Siapa yang berharap hanya kepada Allah dijamin tidak akan kecewa.

Ibadah Adalah Vaksin
Orang yang istiqamah dalam mengerjakan ibadah insya Allah akan dilindungi dari keburukan dan wabah, urusan rezeki dicukupi dan masalahnya diberi jalan keluar. Hakikat orang bertakwa tidak akan pernah jauh dari ibadah.

Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا

"Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah 'Azza wa Jalla niscaya Dia akan berikan kepadanya jalan keluar (solusi untuk seluruh problematikanya)." (QS. Ath-Thalaq: Ayat 2)

Di Ayat selanjutnya, Allah memberi kabar gembira: "Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS Ath-Thalaq: Ayat 3)

Solusi itu ada di tangan Allah. Maka tempuhlah sebab-sebab untuk mendapatkan keridhaan-Nya agar Dia berkenan memberikan solusi untuk semua problematika kita.

Mari kita renungkan pesan Habib Jindan berikut. Setiap hari apakah kita mengerjakan sholat Dhuha secara sempurna 8 raka'at, sholat witir 3 raka'at, afdhalnya 11 raka'at. Orang yang rutin mengerjakan sholat Dhuha itu nafasnya akan membakar setan.

"Dia di pagi hari sudah sholat Subuh berjamaah. Kemudian ngaji, baca Wirdhul Lathif, Baca Ratib, sedekah di pagi hari, sholat Dhuha, maka insya Allah dia aman dari segala gangguan," kata Habib Jindan.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)