Inilah Kisah-kisah Penting yang Terjadi di Bulan Dzulhijjah

loading...
Inilah Kisah-kisah Penting yang Terjadi di Bulan Dzulhijjah
ilustrasi. Foto istimewa
Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu dari 4 bulan haram yang ada dalam bulan Qomariah. Karenanya bulan Dzulhijjah memiliki keistimewaan dan keutamaan yang yang penuh berkah.

Di balik keberkahan yang melimpah, ternyata di bulan Dzulhijjah juga terdapat beberapa sejarah penting atau peristiwa mulia yang pernah terjadi pada bulan tersebut. Dijelaskan dalam kitab Durrat al-Nasihin, Ibnu Abbas radhiyalalahu'anhu meriwayatkan hadis dari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tentang peristiwa-peristiwa mulia ini. Di antaranya:

Baca juga: Berkurban Atas Nama Orang Tua atau Orang Lain, Bagaimana Pahalanya?

1. Peristiwa Nabi Adam yang diampuni Allah

Pada tanggal 1 Dzulhijjah, kesalahan yang dilakukan oleh Nabi Adam alaihissalam dan Siti Hawa diampuni oleh Allah Ta'ala. Nabi Adam telah membuat kesalahan karena memakan buah terlarang yang diturunkan Allah SWT dari surga ke bumi bersama Hawa.

2. Peristiwa Nabi Yunus dikeluarkan dari dalam perut ikan

Nabi Yunus alaihissalam dimakan ikan besar setelah meninggalkan kaumnya yang menolak dakwah Nabi Yunus. Saat berada di dalam perut ikan tersebut, Nabi Yunus mengucapkan doa yang diabadikan dalam Al-Qur'an. Pada tanggal 2 Dzulhijjah Allah SWT mengabulkan doa itu dan mengembalikan Nabi Yunus ke daratan.

Baca juga: Benarkah Jabang Bayi yang Keguguran Memberi Pahala Buat Ibunya?

3. Doa Nabi Zakaria diijabah

Nabi Zakaria alaihissalam yang tidak mempunyai anak selalu pantang menyerah untuk berdoa kepada Allah SWT agar istrinya mengandung seorang putra. Dengan kegigihan Nabi Zakaria dalam menjalani ujian, Allah SWT akhirnya mengijabah doa Nabi Zakaria itu pada tanggal 3 Dzulhijjah saat umurnya sudah 120 tahun.
halaman ke-1
cover top ayah
وَاِذَا سَاَلَـكَ عِبَادِىۡ عَنِّىۡ فَاِنِّىۡ قَرِيۡبٌؕ اُجِيۡبُ دَعۡوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِ فَلۡيَسۡتَجِيۡبُوۡا لِىۡ وَلۡيُؤۡمِنُوۡا بِىۡ لَعَلَّهُمۡ يَرۡشُدُوۡنَ
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.

(QS. Al-Baqarah:186)
cover bottom ayah
preload video