Inilah Kisah-kisah Penting yang Terjadi di Bulan Dzulhijjah

Senin, 19 Juli 2021 - 14:55 WIB
loading...
Inilah Kisah-kisah Penting yang Terjadi di Bulan Dzulhijjah
ilustrasi. Foto istimewa
A A A
Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu dari 4 bulan haram yang ada dalam bulan Qomariah. Karenanya bulan Dzulhijjah memiliki keistimewaan dan keutamaan yang yang penuh berkah.

Di balik keberkahan yang melimpah, ternyata di bulan Dzulhijjah juga terdapat beberapa sejarah penting atau peristiwa mulia yang pernah terjadi pada bulan tersebut. Dijelaskan dalam kitab Durrat al-Nasihin, Ibnu Abbas radhiyalalahu'anhu meriwayatkan hadis dari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tentang peristiwa-peristiwa mulia ini. Di antaranya:

Baca juga: Berkurban Atas Nama Orang Tua atau Orang Lain, Bagaimana Pahalanya?

1. Peristiwa Nabi Adam yang diampuni Allah

Pada tanggal 1 Dzulhijjah, kesalahan yang dilakukan oleh Nabi Adam alaihissalam dan Siti Hawa diampuni oleh Allah Ta'ala. Nabi Adam telah membuat kesalahan karena memakan buah terlarang yang diturunkan Allah SWT dari surga ke bumi bersama Hawa.

2. Peristiwa Nabi Yunus dikeluarkan dari dalam perut ikan

Nabi Yunus alaihissalam dimakan ikan besar setelah meninggalkan kaumnya yang menolak dakwah Nabi Yunus. Saat berada di dalam perut ikan tersebut, Nabi Yunus mengucapkan doa yang diabadikan dalam Al-Qur'an. Pada tanggal 2 Dzulhijjah Allah SWT mengabulkan doa itu dan mengembalikan Nabi Yunus ke daratan.

Baca juga: Benarkah Jabang Bayi yang Keguguran Memberi Pahala Buat Ibunya?

3. Doa Nabi Zakaria diijabah

Nabi Zakaria alaihissalam yang tidak mempunyai anak selalu pantang menyerah untuk berdoa kepada Allah SWT agar istrinya mengandung seorang putra. Dengan kegigihan Nabi Zakaria dalam menjalani ujian, Allah SWT akhirnya mengijabah doa Nabi Zakaria itu pada tanggal 3 Dzulhijjah saat umurnya sudah 120 tahun.

4.Peristiwa Maryam melahirkan Nabi Isa

Pada tanggal 4 Dzulhijjah Nabi Isa alaihissalam lahir. Malaikat Jibril pernah berkata kepada Maryam dalam surat Ali Imran ayat 42-47 bahwa dia akan melahirkan anak laki-laki yang suci. Perkataan itu terbukti dan ia pun dicemooh oleh masyarakat.

Baca juga: Bolehkah Mengqadha Puasa Ramadhan Sekaligus Puasa Arafah?

5. Nabi Musa Lahir dan dirawat di lingkungan Fir’aun

Nabi Musa lahir ketika Fir'aun menerapkan kebijakan untuk membunuh semua anak laki-laki di Mesir. Tepatnya, pada tanggal 5 Dzulhijjah, Ibu Nabi Musa yang baru saja melahirkan segera menghanyutkan Nabi Musa di sungai Nil dan kemudian ditemukan oleh Asiyah, istri Fir'aun.

6. Peristiwa Allah Ta'ala membuka pintu kebaikan kepada Nabi Muhammad SAW

Pada 6 Dzulhijjah, Allah membuka pintu kebaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Maka, barang siapa yang berpuasa pada tanggal 6 Dzulhijjah, Allah akan menurunkan rahmat-Nya dan terhindar dari siksa selama-lamanya.

Baca juga: 5 Aksi Teror Debt Collector Berujung Horor

7. Peristiwa pintu pintu neraka ditutup dan dikunci

Pada tanggal 7 Dzulhijjah, pintu-pintu neraka ditutup dan dikunci, dan baru akan dibuka setelah hari kesepuluh dari bulan Dzulhijjah. Barang siapa yang berpuasa pada tanggal 7 Dzulhijjah, maka akan terhindar dari 30 pintu kesusahan dan dibukakan baginya 30 pintu kemudahan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2555 seconds (11.210#12.26)