Inilah Pujian Ulama kepada Imam Al-Ghazali

Selasa, 21 April 2020 - 08:05 WIB
loading...
Inilah Pujian Ulama kepada Imam Al-Ghazali
Hujjatul Islam, Imam Al-Ghozali bernama lengkap Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad Abu Hamid at-Thusi as-Syafii. Foto/Ist
A A A
Imam Al-Ghazali adalah tokoh ulama besar, ahli fiqih dan tasawuf yang dikagumi banyak ulama dan kaum muslimin. Beliau dijuluki mujaddid (pembaharu) abad kelima Hijriyah.

Banyak ulama memuji sosok beliau sebagaimana diulas dalam buku "Hujjatul Islam Al-Imam Al-Ghazali" karya Ustaz Wildan Jauhari. Imam Al-Ghozali bernama lengkap Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad Abu Hamid at-Thusi as-Syafi'i. Nama beliau dinisbahkan kepada pekerjaan ayahnya seorang pemintal (Al-Ghozzal) dan pebisnis wol. Ada juga yang menyebutkan bahwa nama itu disandarkan kepada kampung halaman Beliau (Ghozalah).

Imam Ghozali lahir di Kota Thus pada tahun 450 H, dan wafat di kota yang sama pada Senin 14 Jumadil Akhir 505 H, pada usia 55 tahun. Dari berbagai karya Imam Al-Ghazali itu, Kitab Ihya Ulum ad-Diin menjadi karya paling bersinar di antara karya-karyanya. Kitab ini disebut sebagai karya beliau paling fenomenal. Terkenal di Timur maupun di belahan Barat.

Ulama-ulama yang Memuji Imam Al-Ghozali:

1. Imam Ibnu Asakir.
Al-Imam Al-Hafidz Ibnu Asakir berkata: "Abu Hamid Al-Ghazali adalah seorang mujaddid abad ke lima hijriyah."

2. Imam Ibnu Al-Jauzi.
Al-Imam Ibnu Al-Jauzi berkata: "Al-Ghazali telah banyak menulis buku dalam bidang ushul fiqih dan fiqih. Sulit mencari padanannya dalam hal kualitasnya, runutnya sistematika dan validitas sumber-sumbernya".

3. Imam As-Subki.
Al-Imam as-Subki dalam Kitabnya Thobaqat as-Syafi’iyah al-Kubro mengutip perkataan As'ad Al-Mihani: "Hanya seorang yang sempurna akalnya (atau yang mendekati sempurna) yang mampu memahami keluasan ilmu dan keutamaan Imam Al-Ghazali. Muhammad bin Yahya, salah seorang murid senior Sang Imam memuji kehebatan gurunya itu dengan berkata, "Al-Ghazali adalah Syafi'i kedua."

4. Imam Adz-Dzahabi.
Al-Imam adz-Dzahabi mengutip perkataan Ibnu an-Najjar di dalam Kitabnya Siyar A'lam an-Nubala: "Abu Hamid (Al-Ghazali) adalah seorang pemimpin ahli fiqih, orang yang alim, seorang mujtahid pada zamannya, tokoh besar pada masanya. Beliau adalah seorang yang sangat cerdas, kuat dan begitu dalam pemahamannya.”

5. Abdul Ghafir Al-Farisi.
Al-Imam Al-Hafidz Abdul Ghafir Al-Farisi berkata: "Abu Hamid Al-Ghazali adalah Hujjatul Islam dan kaum muslimin. Seorang pemimpin agama. Belum ada yang menyamainya dalam hal kefasihan, pemahaman, pemikiran, kecerdasan, dan akhlak perangai."

6. Imam An-Nawawi.
Al-Imam Nawai pun ikut memuji beliau dengan berkata: "Abu Hamid Al-Ghazali adalah seorang imam yang faqih, ahli kalam yang cerdas, dan seorang penulis yang shufi."

Wallahu A'lam Bish Showab
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)