Kumpulan Artikel: Imam Alghazali

  • Doa Melontar Jumrah Ula, Wustha, dan ‘Aqabah
    Tips
    Jum'at, 30 September 2022 - 15:24 WIB
    Doa melempar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah yang disarankan Imam Ghazali dalam Ihya Ulumuddin. Beliau mengatakan, saat melempar jumrah dianjurkan membaca doa berikut ini
  • Kimia Kebahagiaan Al-Ghazali: Mereka yang Tercebur ke Dalam Ekstase Keagamaan
    Tausyiah
    Minggu, 05 Juni 2022 - 20:01 WIB
    Imam al-Ghazali mengatakan orang-orang yang mendengar syair pada sufi berada dalam bahaya dikutuk, jika ia menerapkan syair-syair yang didengarnya itu untuk Allah.
  • Para Sufi Manfaatkan Musik, Tari, dan Puisi untuk Bangkitkan Cinta kepada Allah Taala
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 19:56 WIB
    Imam al-Ghazali mengatakan para sufi memanfaatkan musik untuk membangkitkan cinta yang lebih besar kepada Allah Taala dalam diri mereka, dan dengannya mereka seringkali mendapatkan penglihatan dan kegairanan rohani.
  • Watak Tak Berdosa dari Musik dan Tarian Menurut Imam Ghazali
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 16:53 WIB
    Imam al-Ghazali mengatakan hati manusia diciptakan bagai sebuah batu api. Ia mengandung api yang terpijar oleh musik dan harmoni serta menawarkan kegairahan bagi orang lain, di samping dirinya.
  • 7 Ujian Cinta Allah, Pertama Tidak Membenci Pikiran tentang Mati
    Tausyiah
    Kamis, 02 Juni 2022 - 19:34 WIB
    Imam al-Ghazali mengatakan banyak orang mengaku telah mencintai Allah, tetapi masing-masing mesti memeriksa diri sendiri berkenaan dengan kemurnian cinta yang ia miliki
  • Imam Ghazali: Kebahagiaan Kelak Sama Kadarnya dengan Kecintaan kepada Allah Sekarang
    Tausyiah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Imam Ghazali mengatakan penikmatan akan Allah adalah kebahagiaan. Kebahagiaan kita di masa datang akan sama persis kadarnya dengan kecintaan kita kepada Allah sekarang.
  • Melihat Allah Merupakan Kebahagiaan Terbesar, Begini Penjelasan Imam Ghazali
    Tausyiah
    Selasa, 31 Mei 2022 - 18:34 WIB
    Imam al-Ghazali mengatakan semua muslim mengaku percaya bahwa menampak Allah adalah puncak kebahagiaan manusia, karena hal ini dinyatakan dalam syariah.
  • Cinta kepada Allah Taala dan 4 Sebab Kecintaan Menurut Imam Ghazali
    Tausyiah
    Senin, 30 Mei 2022 - 14:15 WIB
    Seluruh muslim sepakat bahwa cinta kepada Allah adalah suatu kewajiban. Allah berfirman berkenaan dengan orang-orang mukmin: Ia mencintai mereka dan mereka mencitaiNya.
  • 6 Hal yang Harus Dikerjakan dalam Perkawinan Menurut Imam Ghazali
    Tausyiah
    Minggu, 29 Mei 2022 - 17:42 WIB
    Imam al-Ghazali menyebut ada enam hal-hal yang harus dikerjakan dalam perkawinan. Nasihat Imam al-Ghazali tersebut disampaikan dalam bukunya yang berjudul Kimia Kebahagiaan.
  • 5 Sifat-Sifat Istri yang Mesti Dicari Menurut Imam Ghazali
    Tausyiah
    Sabtu, 28 Mei 2022 - 18:58 WIB
    Imam al-Ghazali memberi resep tentang sifat-sifat yang mesti dicari dalam diri seorang calon istri. Dia menyebut yang pertama dan paling penting di antaranya, adalah kesucian akhlak.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Menafkahi Istri dan Anak Dapat Ganjaran Jihad, Sayangnya Berikut Kerugian Perkawinan
    Tausyiah
    Jum'at, 27 Mei 2022 - 17:11 WIB
    Pekerjaan lain yang lebih memberikan ganjaran daripada jihad adalah memberi makan dan pakaian kepada istri dan anak dengan sepatutnya. Sayangnya, perkawinan juga membawa kerugian.
  • Perkawinan dan Kisah Mimpi Seorang Wali tentang Keuntungan Punya Anak
    Tausyiah
    Kamis, 26 Mei 2022 - 16:38 WIB
    Perkawinan memainkan peran yang besar dalam kehidupan manusia. Keuntungan yang pertama dan nyata dalam perkawinan adalah bahwa para penyembah Allah menjadi makin banyak jumlahnya.
  • Tingkatan Zikrullah Para Wali dan Belajar dari Seekor Kucing
    Tausyiah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 16:58 WIB
    Tingkatan zikir para wali, pikiran-pikirannya seluruhnya terserap dalam perenungan dan keagungan Allah, dan sama sekali tidak menyisakan lagi ruang di hati mereka untuk hal-hal lain.
  • Saat Hari Kebangkitan Tiba Menurut Al-Ghazali
    Tausyiah
    Selasa, 24 Mei 2022 - 16:38 WIB
    Pada Hari Kebangkitan, menurut Imam Ghazali, seseorang akan mendapati seluruh jam-jam hidupnya terjajar seperti satu deret lemari perbendaharaan.
  • Kimia Kebahagiaan Al-Ghazali: Hanya 2 Hal yang Diperlukan Manusia di Dunia Ini
    Tausyiah
    Rabu, 18 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Imam Ghazali menyatakan dunia ini adalah sebuah panggung atau pasar yang disinggahi oleh para musafir di tengah perjalannya ke tempat lain. Di sinilah mereka membekali diri dengan berbagai perbekalan untuk perjalanan itu.
  • Kimia Kebahagiaan al-Ghazali: 6 Penyebab Kejahilan tentang Allah Taala
    Tausyiah
    Selasa, 17 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Dokter, ahli fisika dan ahli astrologi tidak tahu bahwa penyakit itu adalah, katakanlah, suatu tali cinta yang digunakanoleh Allah untuk menarik para wali mendekat kepada diri-Nya
  • Kimia Kebahagiaan Al-Ghazali: Banyak Orang yang Merenungkan Dirinya Tidak Juga Menemui Tuhan
    Tausyiah
    Senin, 16 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Sebuah hadis Nabi (SAW) yang terkenal berbunyi Dia yang mengenal dirinya, mengenal Allah. Artinya, dengan merenungkan wujud dan sifat-sifatnya, manusia sampai pada sebagian pengetahuan tentang Tuhan.
  • Kimia Kebahagiaan Al-Ghazali: Agar Kita sampai kepada Kebenaran Rohani yang Murni
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Mei 2022 - 14:42 WIB
    Imam Ghazali menjelaskan, hati para nabi dan wali, meskipun mereka juga mempunyai nafsu seperti kita, sangat peka terhadap segenap kesan-kesan ilahiah.
  • Kimia Kebahagiaan Al-Ghazali: Pengetahuan tentang Diri Kunci Pengetahuan tentang Tuhan
    Tausyiah
    Senin, 09 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Pengetahuan tentang diri adalah kunci pengetahuan tentang Tuhan, sesuai dengan Hadis: Dia yang mengetahui dirinya sendiri, akan mengetahui Tuhan,
  • Sayyidah Rabiah al-Adawiyah: Istighfar Kita Butuh Istighfar Lagi
    Tausyiah
    Minggu, 08 Mei 2022 - 11:53 WIB
    Taubat bukan sekadar ucapan dengan lidah saja, karena jika taubat hanya sekadar berbuat seperti itu, alangkah mudahnya taubat itu. Taubat adalah perkara yang lebih besar dari itu.