15 Orang yang Selalu Didoakan Para Malaikat, Berikut Hadisnya

Senin, 26 Juli 2021 - 21:01 WIB
loading...
15 Orang yang Selalu Didoakan Para Malaikat, Berikut Hadisnya
para Malaikat senantiasa mendoakan orang-orang yang berbuat baik dan beramal saleh ketika di dunia. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Jika doa manusia yang banyak salah saja dikabulkan Allah, bagaimana dengan doa para Malaikat yang senantiasa taat kepada Allah. Malaikat adalah makhluk suci yang diciptakan dari cahaya.

Siapa yang didoakan Malaikat maka berungtunglah ia karena amalannya disampaikan kepada Allah. Untuk diketahui, para Malaikat senantiasa mendoakan orang-orang yang berbuat baik dan beramal saleh ketika di dunia.



Berikut 15 golongan orang yang didoakan oleh Malaikat yang bersumber dari Hadis Nabi.

1. Orang yang Bersedekah Setiap Pagi
Keutamaan bersedekah di setiap pagi terlebih kepada anggota keluarga atau fakir miskin mendapat keutamaan khusus didoakan oleh Malaikat. Dari Abu Hurairah berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

"Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, 'Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga)'. Malaikat yang lain berdoa: 'Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah)." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

2. Orang yang Menuntut Ilmu dan Duduk di Majelis Ilmu
Malaikat senantiasa mendoakan orang yang belajar dan menuntut ilmu serta mengajarkannya. Berikut Hadisnya:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا مِنْ طُرُقِ الْجَنَّةِ ، وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَصنَعُ ، وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالْحِيتَانُ فِي جَوْفِ الْمَاءِ

"Barangsiapa yang menempuh jalan yang di jalan tersebut dia mencari ilmu maka Allah akan membuat dirinya menempuh jalan di antara jalan-jalan menuju surga. Sesungguhnya para Malaikat meletakkan sayap-sayapnya untuk para penuntut ilmu karena suka dengan apa yang dia lakukan. Sesungguhnya seluruh makhluk di langit dan di bumi akan memohonkan ampunan kepada orang yang berilmu, termasuk ikan ditengah-tengah air. (Shahihul Jaami' 5/302)

2. Orang yang Bersholawat kepada Nabi Muhammad
Al-Imam Ahmad dari 'Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu 'anhuma, ia berkata:

مَنْ صَلَّى عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلاَةً، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَمَلاَئِكَتُهُ سَبْعِيْنَ صَلاَةً, فَلْيُقِلَّ عَبْدٌ مِنْ ذَلِكَ أَوْ لِيُكْثِرْ

"Barangsiapa yang bersholawat kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam sekali saja, maka Allah dan para Malaikatnya akan bersholawat kepadanya sebanyak tujuh puluh shalawat, maka sedikitkanlah atau perbanyaklah seorang hamba dalam membacanya.”

Riwayat lain: " Tidaklah seorang muslim bershalawat kepadaku kecuali malaikat akan mendoakannya sebanyak ia bershalawat atasku. Maka para hamba hendaknya mempersedikit shalawat atau memperbanyaknya." (Shahihul Jami' 1/174, Hadis nomor 5620)

3. Orang yang Tidur dalam Keadaan Berwudhu
Dari Abdullah bin Umar radhiyallaahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

"Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka Malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa 'Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan karena tidur dalam keadaan suci." (HR Ibn Hibban 3/329)

4. Orang yang Duduk Menunggu Waktu Sholat
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

أَحَدُكُمْ مَا قَعَدَ يَنْتَظِرُ الصَّلاَةَ فِيْ صَلاَةٍ مَا لَمْ يُحْدِثْ تَدْعُوْ لَهُ الْمَلاَئِكَةُ :اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اَللَّهُمَّ ارْحَمْهُ

"Tidaklah seseorang di antara kalian duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, melainkan para Malaikat akan mendoakannya: 'Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia". (HR Muslim)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2394 seconds (0.1#10.140)