Jangan Remehkan Amalan Kecil, Bisa Jadi Si Mini Itu yang Jadi Kunci Surga

Kamis, 12 Agustus 2021 - 15:37 WIB
loading...
Jangan Remehkan Amalan Kecil, Bisa Jadi Si Mini Itu yang Jadi Kunci Surga
Ilustrasi/Dok, SINDOnews
A A A
Sahabat Abu Darda’ a berkata: “Janganlah meremehkan sekecil apapun kejelekan yang perlu kau jauhi, sebagaimana juga jangan meremehkan sekecil apapun kebaikan yang perlu kamu lakukan”. (Tarikh Dimasyq 47/161 karya Ibnu Asakir).

Sebuah petuah berharga dari Abu Darda, seorang sahabat Nabi SAW , ini pada hakekatnya diambil dari cahaya Al-Qur’an dan Sunnah yang berisi motivasi untuk beramal kebajikan dan meninggalkan kemaksiatan.



Allah SWT berfirman:

"Barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula." ( QS Az Zalzalah: 7-8 ).

Rasulullah SAW pun mengingatkan kita, saat berbuat dosa, “Janganlah engkau memandang besar atau kecilnya maksiat, tapi pandanglah kepada siapa engkau bermaksiat (kepada Allah)”.

Manusia tidak pernah tahu amalan manakah yang bisa mengetuk pintu surga untuknya. Bisa jadi amalan besar yang kita banggakan ternyata tidak diterima oleh Allah dan bisa jadi amalan kecil yang kita remehkan justru itulah pembuka pintu surga kita.



Kita pun bisa menjadi mulia karena hal-hal kecil, seperti mengucapkan terima kasih kepada orang lain yang membantu, mendahului orang mengucap salam, meminta maaf, melempar senyum dengan ikhlas, mempermudah urusan orang, atau pun menunjukkan raut muka yang cerah.

Bukankah ada wanita pelacur di Bani Israil yang diampuni Allah gara-gara memberi minum anjing yang kehausan?Bukankah ada seorang wanita yang masuk neraka gara-gara seekor kucing yang dia siksa?

Maka sejak sekarang, Jangan pernah meremeh kan suatu kebaikan sekecil apapun itu dan jangan pernah meremehkan dosa sekecil apapun itu.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)