Amalan 4 Surat Yusuf Mansur : Yasin, Ar-Rahman, Al-Waqiah dan Al-Mulk, Beserta Keutamaannya

Rabu, 11 Agustus 2021 - 16:07 WIB
loading...
Amalan 4 Surat Yusuf Mansur : Yasin, Ar-Rahman, Al-Waqiah dan Al-Mulk, Beserta Keutamaannya
Ustadz Yusuf Mansur. Foto SINDOnews
A A A
Amalan 4 surat Yusuf Mansur : Yasin, Ar-Rahman, Al-Waqiah dan Al-Mulk, merupakan amalan yang dipopulerkan Ustadz Yusuf Mansyur dalam menghadapi permasalahan hidup . Pimpinan Daarul Qur'an itu mengatakan, jika diamalkan secara konsisten atau istiqamah, maka Allah Ta'ala akan mengabulkan segala doa dan hajat kita.



Ustadz yang akrab disapa UYM itu juga mengingatkan, agar amalan surat-surat dalam Al Qur'an tersebut dibarengi dengan sedekah, sholawat, sholat dhuha, tahajjud, qobliah, dan ba'diyah. "Hak baca Yasin itu kayak kupon. Bisa dituker apa aja. Makanya minta, jangan males doa. Kita punya Allah. Dunia ini terlalu kecil. Minta, ayo minta apa aja ke Allah. Jangan malu-malu," ungkap UYM dalam salah satu kajian yang digelarnya.

UYM bercerita, dirinya selalu menulis setiap doanya di lembaran kertas saat punya banyak masalah. "Dulu waktu utang saya banyak, saya tulis tuh doa-doa saya sampai empat lembar kertas folio. Bertahun-tahun perlahan Alhamdulillah semuanya terkabul," tuturnya.



Empat surat dalam Al Qur'an ini mempunyai banyak keutamaan dan bermanfaat untuk kehidupan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut keutamaan-keutamaannya:

1. Surat Yasin

Surat ini termasuk surat yang tidak asing di telinga dan ini keutamaan dari surah Yasin, yakni :

Surat ini menunjuk tentang keimanan seorang Muslim. Keimanan tersebut ditandai dengan “yakin akan hari kebangkitan kelaksetelah hari Kiamat”. Jika berpegang akan hal itu, kita seakan-akan tidak akan mementingkan duniawi. Karena setelah kehidupan dunia, ada alam akhirat. Tempat kita disana akan ditentukan amal selama kita hidup. Jika baik, maka kita layak masuk surga-Nya, jika buruk maka akan tersiksa di neraka.



Surat ini menegaskan tentang beberapa hal yaitu kemusyrikan, penciptaan makhluk yang berpasang-pasangan, bintang pada garis edarnya, ajal makhluk dan hari kiamat. ”Yasin lima quriat lahu” artinya adalah surat Yasin dibaca sesuai dengan niat yang membacakannya. Jadi, kalo kita mau baca surat ini untuk dipertemukan jodoh ya niatnya minta dipertemukan jodoh, kalo untuk kemurahan rezeki ya niatnya untuk kemurahan rezeki, dan lain-lain.

2. Surat Ar-Rahman

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Bagi setiap sesuatu ada mempelainya, sedangkan mempelai Al-Qur’an adalah surah Ar-Rahman”. (HR. Al- Baihaqi)

Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang membaca surah Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahanya dan meridhoi nikmat yang dikaruniakan kepadanya”.



Imam Ja’far Ash-Shaddiq mengatakan, “Barangsiapa yang membaca surah Ar-Rahman, dan ketika membaca kalimat “Fabiayyi alai Rabbikuma tukadzdziban” lalu ia mengucapkan “La bisyay-in min alaika rabbi akadzibu” (Tidak ada satupun nikmat-Mu duhai tuhanku yang aku dustakan). jika saat membacanya itu pada malam dan siang hari kemudian ia meninggal, maka matinya seperti matinya orang syahid.

3. Surah Al-Waqi'ah

Ubay bin ka’b berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi'ah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai”.

Abdullah bin Mas-ud berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa yang membaca surah Al-Waq'iah, ia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya”

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)