Siapakah Orang Pertama yang Masuk Islam? Berikut Jawabannya

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 05:00 WIB
loading...
Siapakah Orang Pertama yang Masuk Islam? Berikut Jawabannya
Pentingnya mengetahui sejarah peradaban Islam dimulai dari turunnya wahyu kepada Nabi Muhammad hingga beliau Hijrah ke Madinah. Foto ilustrasi/dok SINDOnews
A A A
Umat muslim jangan sekali-kali melupakan sejarah peradaban Islam dimulai dari turunnya wahyu pertama. Bagaimana Islam berkembang dan siapa saja orang yang pertama masuk Islam patut untuk diketahui.

Lalu, siapakah orang pertama yang masuk Islam? Mari kita simak penjelasan Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia, Ustaz Farid Nu'man Hasan berikut.

Siapakah yang pertama kali masuk Islam, sebagian mengatakan Abu Bakar radhiyallahu 'anhu, yang lain mengatakan Ali, ada pula Sayyidah Khadijah karena beliau orang pertama yang mengakui kenabian Baginda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam setelah turunnya surat (wahyu) pertama, Al-'Alaq di Gua Hira.



Imam Ath-Thabari mengatakan dalam Tarikh-nya (2/210):

اختلف السلف فيمن اتبع رسول الله صلى الله عليه وسلم وآمن به وصدقه.
بعد زوجته خديجة، فقال بعضهم كان أول ذكر آمن برسول الله صلى الله عليه وسلم علي بن أبي طالب عليه السلام.

"Para salaf berbeda pendapat tentang siapakah yang mengikuti Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, dan mengimaninya dan mempercayainya setelah istri Beliau, Khadijah. Sebagian mereka mengatakan yang pertama kali mengimani Rasulullah adalah Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu."

Sementara dinukil dari Al-Waqidi, katanya: "Sahabat-sahabat kami telah sepakat bahwa Ahlul Kiblat yang pertama kali menyambut dakwah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah Khadijah, lalu kami berselisih pendapat terhadap tiga orang; Abu bakar, Ali, dan Zaid bin Haritsah, siapakah di antara mereka yang awal masuk Islam." (Ibid, 2/215)

Imam At-Tirmidzi mengatakan: "Ulama telah berselisih pendapat tentang hal ini. Sebagian mereka mengatakan yang pertama masuk Islam adalah Abu Bakar, sebagian lain mengatakan yang pertama masuk Islam adalah Ali." (Sunan At Tirmidzi No. 3734)

Diriwayatkan, bahwa Abu Bakar adalah orang pertama yang masuk Islam. Dari Abu Said Al Khudri, bahwa Abu Bakar berkata:

ألست أحق الناس بها؟ أي الخلافة، ألست أول من أسلم؟ ألست صاحب كذا؟ ألست صاحب كذا؟ ألست صاحب كذا

"Bukankah aku manusia yang paling berhak terhadapnya? -Yaitu khilafah-, Bukankah aku yang pertama masuk Islam? Bukankah aku yang melakukan ini dan itu? (HR. At Tirmidzi No. 3667, katanya: gharib)

Dalam riwayat lain: "Telah bercerita kepada kami Abu Bakar, katanya: bercerita kepada kami Waki’ bin Al Jarrah, katanya: bercerita kepada kami Syu’bah, dari Amru bin Murrah, katanya: saya mendatangi Ibrahim dan saya tanyakan kepadanya, dia berkata: "Yang pertama masuk Islam adalah Abu Bakar." (Al Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, 8/447)

Bahkan sebagian mengatakan bahwa telah menjadi ijma’ (kesepakatan) bahwa Abu Bakar-lah yang pertama kali masuk Islam. (Tarikhul Khulafa’, hal. 31)

Riwayat lain menyebutkan bahwa Ali radhiyallahu 'anhu sebagai orang pertama yang masuk Islam. Bercerita kepada kami Abu Bakar, Tanya: bercerita kepada kami Syubabah, katanya: bercerita kepada kami Syu’bah dari Amru bin Murrah, dari Abu Hurairah dari Abu Hamzah Maula Al Anshar, dari Zaid bin Arqam, katanya: "Yang pertama masuk Islam bersama Nabi shallalllahu 'alaihi wasallam adalah Ali." (Al Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, 8/449)

Dalam riwayat lain: "Bercerita kepada kami Abdullah bin Idris dari Abu Malik Al Asyja’i, dari Salim: "Saya bertanya kepada Ibnu Al Hanafiyah, apakah Abu Bakar orang pertama yang masuk Islam?" Dia menjawab: "Bukan." Saya bertanya: "Lalu kenapa manusia lebih meninggikan dan mendahului Abu Bakar sampai-sampai tidaklah disebut seorang pun selain Abu Bakar?" Beliau menjawab: "Karena dia manusia paling utama di antara mereka keislamannya, sejak dia masuk Islam sampai dia berjumpa dengan Rabbnya." (Ibid. Tarikh Dimasyqi, 30/45)

Sementara itu, Ibrahim An-Nakha'i telah mengingkari apa yang dikatakan oleh Zaid bin Arqam. Katanya: "Yang pertama kali masuk Islam adalah Ali." Amu bin Hamzah berkata: "Lalu saya datangi Ibrahim An Nakha’i lalu dia mengingkarinya, dan berkata: "Yang pertama masuk Islam adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq. " (Lihat Sunan At Tirmidzi No. 3735, katanya: hasan shahih).

Sebaliknya diriwayatkan dari Muhammad bin Sa’ad bin Abi Al Waqqash, dia bertanya kepada ayahnya (Sa’ad bin Abi Al Waqash):

"Apakah Abu Bakar adalah orang pertama yang masuk Islam di antara kalian?" Dia menjawab: "Tidak, tetapi sebelumnya sudah ada lebih dari lima orang yang masuk Islam, namun Abu Bakar memang yang terbaik keislamannya di antara kita." (Tarikh Dimasyqi, 30/45. Imam As Suyuthi mengatakan: sanadnya jayyid. Tarikhul Khulafa’ Hal. 31)

Kesimpulan
Lalu manakah yang benar? Para ulama telah melakukan berbagai upaya untuk menemukan solusi atas berbagai perbedaan riwayat shahih ini. Di antaranya apa yang dikatakan oleh Imam Ibnu Katsir rahimahullah:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)