Childfree dalam Islam, Benarkah Menyalahi Sunnah Nabi?

Minggu, 22 Agustus 2021 - 05:00 WIB
loading...
Childfree dalam Islam, Benarkah Menyalahi Sunnah Nabi?
ilustrasi. Foto istimewa
A A A
Adakah childfree dalam Islam? Bagaimana sebenarnya pandangan syariat tentang hal tersebut? Istilah childfree atau menolak berketurunan oleh pasangan menikah ini tengah ramai diperbincangkan di masyarakat.

Dalam sudut pandang syari'at Islam, sudah tentu tidak ada istilah childfree. Apalagi pada pasangan yang sudah menikah. Bahkan, childfree ini bertentangan dengan hadis Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa sallam.



Perhatikan hadis Nabi SAW berikut:

تَزَوَّجُوا الْوَدُوْدَ الْوَلُوْدَ فَإِنِّيْ مُكَاشِرٌ بِكُمُ الأُمَمَ

"Nikahilah perempuan yang pecinta (yakni yang mencintai suaminya) dan yang dapat mempunyai anak banyak, karena sesungguhnya aku akan berbangga dengan sebab (banyaknya) kamu di hadapan umat-umat (yang terdahulu)”. (HR. Abu Dawud, Nasa’i, Ibnu Hibban dan Hakim, shahih).

Bahkan, secara khusus Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa sallam berdoa agar umatnya diberi keberkahan harta dan anak.

‏ اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ وَبَارِكْ لَهُ فِيمَا أَعْطَيْتَهُ ‏

"Allahumma aktsir maa lahu wawaladahu wa baariklahu fiima a’thaitahu.”



Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah hartanya dan limpahkanlah (jumlah) anaknya. Dan berkahilah apa yang Engkau telah berikan kepadanya.” (HR Bukhari-Muslim).

Intinya, Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa sallam justru bersabda agar umat Islam “berbanyak-banyak” atau setidaknya berketurunan. Bahkan Al-Qur'an mewahyukan tentang masalah ini.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ “

"…dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untuk kamu (yaitu anak)”. (QS. Al-Baqarah : 187).



Abu Hurairah, Ibnu Abbas dan Anas bin Malik dan lain-lain Imam dari kaum Tabi’in menafsirkan ayat di atas dengan anak. (Kitab Tafsir Ibnu Jarir dan Tafsir Ibnu Katsir di dalam menafsirkan ayat di atas).

Maksudnya adalah bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk mencari anak dengan jalan bercampur (jima’) suami istri apa yang Allah telah tentukan untuk kamu.

Sebenarnya, apa yang disebut childfree, sehingga syariat Islam menjauhinya? Childfree adalah sebuah gaya hidup menolak melahirkan, mengadopsi, atau dengan kata lain memiliki anak bagi pasangan yang sudah menikah meski mereka memiliki kemampuan reproduksi yang sehat.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3373 seconds (0.1#10.140)