Surat Al-Mulk Lengkap Ayat 1-30, Arab, Latin, Terjemahan, dan Keutamaannya

Rabu, 25 Agustus 2021 - 20:55 WIB
loading...
Surat Al-Mulk Lengkap Ayat 1-30,  Arab, Latin, Terjemahan, dan Keutamaannya
Surat Al Mulk merupakan surat ke 67 yang terdiri dari 30 ayat, tergolong surat Makkiyah karena diturunkan di Kota Makkah. Foto : istimewa
A A A
Surat Al Mulk memiliki fadhilah luar biasa. Di antaranya adalah mencegah siksa kubur dan mudahnya mendapatkan syafa’at setelah kematian. Dan ada kebaikan yang akan didapatkan setiap muslim jika istiqamah membaca Surat Al- Mulk setiap hari.



Dalilnya adalah dari hadis-hadis Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa sallam dan kalam sahabat. Misalnya, ada riwayat hadis :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَبَّاسٍ الْجُشَمِىِّ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِىَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan pada kami Muhammad bin Ja’far, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Qotadah, dari ‘Abbas Al Jusyamiy, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda :



“Ada suatu surat dari Al Qur'anur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu : “Tabaarakalladzii biyadihil mulku… (surat Al Mulk)". (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Abu ‘Isa Muhammad bin ‘Isa At Tirmidzi dalam Kitab Al Jaami’ Ash Shohih Sunan At Tirmidzi mengatakan bahwa hadis tersebut hasan. Sedangkan Abul ‘Abbas Ibnu Taimiyah dalam buku Majmu’ Al Fatawa mengatakan bahwa hadits tersebut shahih.



Hadis lainnya : Dari Zarr, dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata : “Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “Al-Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai dalam Al Kabir dan Al Hakim. Hakim mengatakan bahwa sanad hadis tersebut shahih).



Namun, ada riwayat yang menyebutkan bahwa dalil di atas mauquf, hanya perkataan ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut hasan sebagaimana dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib.

Ini adalah bacaan Surat Al-Mulk (30 ayat), disertai literasi latin dan terjemahannya:

تَبَٰرَكَ ٱلَّذِى بِيَدِهِ ٱلْمُلْكُ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

tabārakallażī biyadihil-mulku wa huwa ‘alā kulli syai`ing qadīr

1. Maha Suci Allah Yang di tangan-Nya-lah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu

ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلْمَوْتَ وَٱلْحَيَوٰةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْغَفُورُ

allażī khalaqal-mauta wal-ḥayāta liyabluwakum ayyukum aḥsanu ‘amalā, wa huwal-‘azīzul-gafụr

2. Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.

ٱلَّذِى خَلَقَ سَبْعَ سَمَٰوَٰتٍ طِبَاقًا ۖ مَّا تَرَىٰ فِى خَلْقِ ٱلرَّحْمَٰنِ مِن تَفَٰوُتٍ ۖ فَٱرْجِعِ ٱلْبَصَرَ هَلْ تَرَىٰ مِن فُطُورٍ allażī
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)