Hati-hati dengan Pujian, Baca Doa Ini Ketika Dipuji Orang Lain

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 15:18 WIB
loading...
Hati-hati dengan Pujian, Baca Doa Ini Ketika Dipuji Orang Lain
Seorang mukmin dianjurkan berdoa apabila mendapat pujian dari orang lain. Foto/Ist
A A A
Setiap manusia pasti senang dengan pujian, namun seorang mukmin sebaiknya bersikap hati-hati ketika mendapat pujian dari orang lain. Apabila dipuji orang lain maka dianjurkan membaca doa berikut.

Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Al-Habib Quraisy Baharun dalam satu tausiyahnya mengingatkan tentang bahaya pujian dari orang lain. Dari Yunus bin Ubaid berkata: "Kami menjenguk Muhammad bin Wasi' yang sedang sakit. Lalu beliau pun berkata: "Pujian manusia tidak ada gunanya jika tangan dan kakiku dibelenggu, lalu aku dilemparkan ke Neraka." (Tarikh Dimasyq 56/16/72)



Bisyr bin Harits al-Hafy berkata: "Jangan beramal agar engkau mendapatkan pujian, sembunyikan kebaikan sebagaimana engkau menyembunyikan keburukan." (Siyar A’laamin Nubalaa' X/476)

Sufyan bin Uyainah berkata: "Orang yang tahu diri tidak akan terbahayakan (tertipu) oleh pujian." (Shifatush Shafwah II/557)

Bahkan Al-Fudhail bin Iyadh mengatakan: "Apabila engkau mampu untuk tidak terkenal, maka lakukanlah. Tidak ada ruginya engkau itu tidak dikenal, dan tidak ada ruginya engkau itu tidak mendapatkan pujian, dan juga tidak ada ruginya engkau itu dicela oleh manusia, jika engkau itu terpuji di sisi Allah 'Azza wa Jalla." (At-Tawadhu' wal Khumul hal 43 oleh Abu Bakar al-Qurasyi)

Doa Ketika Dipuji Orang Lain
Islam mengajarkann doa ketika mendapat pujian dari orang lain. Jika orang lain memujimu, maka bacalah doa ini agar tidak membahayakan kita. Berikut doanya:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ أَعْلَمُ مِنِّى بِنَفْسِى، وَأَنَا أَعْلَمُ بِنَفْسِى مِنْهُمْ، اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِى خَيْرًا مِمَّا يَظُنُّوْنَ، وَاغْفِرْ لِى مَا لاَ يَعْلَمُوْنَ، وَلاَ تُؤَاخِذْنِى بِمَا يَقُوْلُوْنَ


Allahumma Anta A'lamu Minni Binafsii, wa Anaa A'lamu Binafsii Minhum, Allahummaj'alnii Khoiron Mimmaa Yazhonnuuna, waghfirlii Maa Laa Ya'lamuun, wa Laa Tuaakhidznii Bimaa Yaquuluun.

"Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri, dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangka, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka". (Diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Syu'abul Iman)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)