10 Faedah Memandang Langit yang Jarang Diketahui

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 15:46 WIB
loading...
10 Faedah Memandang Langit yang Jarang Diketahui
Memandang langit sembari merenungi tentang penciptaannya dapat mendatangkan 10 faedah dan hikmah. Foto/dok reuters
A A A
Penciptaan langit dan bumi serta pergantian siang dan malam adalah tanda-tanda kebesaran dan kekuasan Allah. Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa Dia menundukkan apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi untuk manusia sebagai rahmat dari-Nya.

الَّذِيۡنَ يَذۡكُرُوۡنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوۡدًا وَّعَلٰى جُنُوۡبِهِمۡ وَيَتَفَكَّرُوۡنَ فِىۡ خَلۡقِ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ رَبَّنَا مَا خَلَقۡتَ هٰذَا بَاطِلًا ۚ سُبۡحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"(yaitu) Orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka." (QS Ali 'Imran Ayat 191)

Dalam Surat Al-Araf Ayat 54, disebutkan bahwa penciptaan langit dan bumi berlangsung dalam waktu enam masa. Penciptaan langit dan bumi sangat kompleks, dan baru sedikit yang diketahui manusia tentang itu.

Dalam era modern ini, ilmu pengetahuan telah menyingkap bahwa bulan, planet Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus, semuanya memberi pengaruh berupa rotational dynamic stability pada rotasi bumi dalam berkitar mengelilingi matahari itu. Para Ulil Albab setiap memikirkan tentang penciptaan langit, mereka akan berkata: "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka".

Buya Zein Ali dalam satu kajiannya menyebutkan 10 faedah dan hikmah memandang langit yang dinukil dari Kitab "Al Hikmah Fii Makhluqotillah" Hal 17, Daru Ihya'il Ulum Imam Ghozali.

‎وقيل: في النظر إلى السماء عشر فوائد: تنقص الهم، وتقلل الوسواس، وتزيل وهم الخوف، وتذكر الله ، وتنشر في القلب التعظيم لله، وتزيل الفكر الرديئة، وتنفع لمرض السوداء، وتسلي المشتاق، وتؤنس المحبين، وهي قبلة دعاء الداعين

Dikatakan, bahwa memandang langit itu memiliki 10 faedah, yaitu:
1. Mengurangi kesedihan
2. Meminimalisir rasa was-was
3. Menghilangkan perasaan takut
4. Bisa membuat ingat kepada Allah
5. Dapat mengembangkan pengagungan terhadap Allah dalam hati
6. Menghilangkan fikiran rendah
7. Bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit melankolia (depresi berat)
8. Dapat menghibur orang yang sedang rindu
9. Menyenangkan orang-orang yang mencintai
10. Sebagai kiblat bagi orang-orang yang berdoa.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0971 seconds (0.1#10.140)