7 Amalan Hari Jumat yang Memiliki Faedah Besar

Jum'at, 03 September 2021 - 05:10 WIB
loading...
7 Amalan Hari Jumat yang Memiliki Faedah Besar
Pada Hari Jumat, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal saleh. Foto/dok islami.co
A A A
Bagi umat Islam, Jumat adalah hari yang agung karena di dalamnya bertabur pahala dan keberkahan. Jumat juga disebut penghulunya hari (Sayyidul Ayyam). Ada 7 amalan memiliki faedah besar.

Salah satu keutamaan Jumat diterangkan dalam hadis berikut. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Hari terbaik saat matahari terbit adalah Jumat. Di atasnya Adam diciptakan dan di dimasukkan ke surga. Pada hari Jumat juga, Adam diusir dari Surga Firdaus. Dan Hari Kebangkitan (Kiamat) tidak akan terjadi pada hari selain Jumat." (HR Muslim)



Berikut 7 Amalan khusus pada Hari Jumat Berikut Faedahnya:

١. من قال بعد غسل الجمعة مائة مرة يامهيمن رزقه الله المهابة والجلال
1. Barangsiapa yang membaca "Ya Muhaimin" 100 kali setelah mandi Jum'ah, maka Allah akan memberikan kewibawaan dan kemuliaan.

٢. من قرأ بين أذاني الجمعة سورة القدر ٧ مرات، قضى الله دينه
2. Barangsiapa yang membaca Surat Al-Qodar 7 kali antara 2 Adzan di Hari Jumat, maka Allah akan melunasi semua utangnya.

٣. من قال بعد صلاة الجمعة ٣٣ مرة يا باطن، جعله الله من أهل الباطن
3. Barangsiapa yang mengucap "Ya Baathin" 33 kali setelah sholat Jumat maka Allah akan menjadikannya dari (golongan) Ahli Bathin.

٤. من قرأ وهو ثان رجليه بعد صلاة الجمعة وقبل أن يتكلم الفاتحة والإخلاص والفلق والناس كل واحدة ٧ مرات، حفظه الله من كل سوء إلى الجمعة القابلة
4. Barangsiapa setelah sholat Jumat membaca Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas masing-masing 7 kali tanpa mengubah posisi duduknya (tasyahhud akhir) dan tanpa berbicara sebelumnya, maka Allah akan menjaganya dari semua kejelekan sampai Jumat berikutnya.

٥. من قال بعد الجمعة مائة مرة اللهم أكفني بحلالك عن حرامك واغنني بفضلك عمن سواك، لم تمض عليه جمعة إل وأغناه الله أي: سخر له رزقآ
5. Barangsiapa setelah sholat Jum'at membaca ALLAHUMMA AKFINI BIHALAALIKA 'AN HAROOMIKA WA AGHNINI BIFADHLIKA 'AMMAN SIWAAK, maka segala kebutuhannya akan terpenuhi hingga hari berikutnya.

٦. من قال ساعة الدعاء للمؤمنين والمؤمنات في الخطبة : ياغني يامغني أربعين مرة؛ يقول في رأس كل عشر منها : أغنني ، إلا وسع الله عليه رزقه
6. Barangsiapa yang berdoa "YAA GHONIYYU YAA MUGHNII" 40 kali, setiap 10 dari bacaan tersebut ditambahi "AGHNINII", ketika doa mukminin mukminaat pada khutbah kedua, maka Allah akan meluaskan rezekinya.

٧. من صلى على النبي صلى الله عليه وسلم بعد عصر الجمعة (بأي صيغة ) ثمانين مرة، غفر له ذنوب ثمانين سنة ، فإن لم يكن عليه مايقابل هذا غفر ﻵبائه ورفع في درجاته، وورد أن من صلى بهذه الصيغة : (اللهم صل على سيدنا محمد النبي الأمي وعلى آله وصحبه وسلم تسليما) بعد عصر الجمعة كتب له عبادة ثمانين سنة مع ما ذكر.

ومن اكثر الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم يكفى همه ويغفر ذنبه ويقضى دينه وكانت له شفاعة عند النبي صلى الله عليه وسلم وكان اقرب منزلا من النبي صلى الله عليه وآله وسلم يوم القيامة

مستفاد من مجالس الحبيب زين بن سميط والحبيب سالم الشاطري حفظهم الله

7. Barangsiapa yang bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW setelah Ashar Hari Jumat 80 kali, maka Allah akan mengampuni dosanya 80 tahun. Jika si pembaca tidak memiliki dosa sebanyak itu, maka keutamaan tersebut akan diberikan kepada kedua orangtuanya dan Allah akan mengangkat derajat mereka.

Ada riwayat bahwasanya yang membaca Sholawat dengan sighoh ini "ALLOHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN NABIYYIL UMMIY WA 'ALAA AALIHI WASOHBIHI WA SALLIM TASLIIMAA setelah Ashar Hari Jumat, maka akan ditulis untuknya pahala ibadah 80 tahun.

"Barangsiapa yang memperbanyak sholawat atas Nabi, maka Allah akan menyelesaikan semua urusannya, mengampuni segala dosanya, melunasi utangnya, dan sholawat tersebut akan menjadikan sebab dia memperoleh syafaat Nabi, dia kan berada paling dekat kedudukan-nya di sisi Nabi Muhammad pada saat hari Kiamat."

Demikian 7 amalan khusus berpahala besar pada Hari Jumat. Semoga Allah memberi taufik-Nya agar kita dimudahkan mengerjakannya.

Sumber:
Majlis Habib Zein Bin Sumaith dan Habib Saalim As-Syaatiri

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2942 seconds (0.1#10.140)