Manfaat Puasa Senin Kamis dan Pahala Mengamalkannya

Senin, 06 September 2021 - 17:23 WIB
loading...
Manfaat Puasa Senin Kamis dan Pahala Mengamalkannya
Puasa sunah Senin-Kamis memiliki segudang manfaat, tak hanya manfaat spiritual juga ada manfaat bagi kesehatan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Puasa Senin-Kamis merupakan puasa sunnah yang memiliki segudang manfaat. Bahkan puasa ini sangat dianjurkan Rasulullah Sholallahu Alaihi wa sallam untuk melaksanakan dan mengamalkannya secara rutin serta istiqamah.

Mengapa Rasulullah sangat menyukai berpuasa di hari Senin dan Kamis? Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata :

كَانَ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّي صَوْمَ اْلِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ

Artinya: “Adalah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa sallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadis ini dishahihkan Al-Albani)

Dari Abu Qotadah radhiyallahu'anhu sesungguhnya Rosululullah Shallallahu alaihi wa sallam ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)



Kemudian hadis:

وَعَنْ اَبِيْ هَرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُعْرَضُ اْلَاعْمَالُ يَوْمَ اْلِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَاُحِبّ اَنْ يٌّعْرَضَ عَمَلِيْ وَاَنَا صَائِمٌ

Artinya :“Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rosulululloh SAW bersabda : “Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa.” (HR. Turmudzi)

Pahala puasa sunnah Senin-Kamis ini pun sangat istimewa sekali. Bahkan berhubungan langsung dengan Allah. Hal ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim)

Manfaat Puasa Senin-Kamis

Sesuai namanya, puasa ini merupakan amalan puasa sunnah yang waktu pelaksanaannya dilakukan pada hari Senin dan hari Kamis. Namun, untuk pelaksanaannya tidak jauh berbeda seperti pada puasa pada umumnya. Di mana dilakukan dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Yang membedakan adalah niat, keistimewaan dan tentunya hikmah yang diberikannya.



Tak hanya pahala dan keutamaan , puasa sunnah Senin Kamis cukup istimewa, namun ada juga manfaat lain ketika umat Islam menjalankan puasa Senin dan Kamis secara rutin. Apa sajakah manfaat tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat dari mengamalkan puasa Senin-Kamis ini, antara lain:

1. Menjadi perisai diri

Bisa menjadi perisai bagi seseorang yang menjalankannya, karena puasa bisa membuat orang yang melakukannya lebih sabar dan tahan terhadap hawa nafsu. Dengan berpuasa, bisa melatih kekuatan jiwa seseorang baik secara rohani maupun secara jasmaninya. Terlebih sebagai perisai diri agar terhindar dari hal-hal yang bisa mengantarkan diri dari perbuatan buruk.

2. Terhindar dari godaan setan dan hawa nafsu

Salah satu manfaat dilakukannya puasa Senin dan Kamis adalah untuk menghindarkan kita dari godaan setan dan hawa nafsu. Pada dasarnya, ketika berpuasa kita akan menahan segala hal yang bisa membatalkan puasa kita tersebut. Kita pun akan lebih sabar dan lebih mampu mengontrol diri agar tidak terjerumus pada kemaksiatan.

3. Melatih kedisiplinan

Semua umat Islam pastinya tahu bahwa segala gerak gerik kita diawasi langsung oleh Allah. Bahkan, Allah pun tahu apa yang kita sembunyikan apalagi yang kita tampakan. Tak hanya itu, apa yang ada di dalam hati kita saja, Allah sudah lebih dulu mengetahuinya.

Dengan berpuasa pada hari Senin dan Kamis maupun puasa lainnya, bisa membantu diri kita lebih disiplin. Disiplin dalam beribadah, shalat tepat waktu, dan disiplin untuk senantiasa melaksanakan segala amal perbuatan yang baik dan diberkahi oleh Allah SWT.

4. Menambah amalan
Pada dasarnya, seseorang yang sedang berpuasa akan terdorong untuk selalu meningkatkan kualitas ibadahnya terhadap Allah. Hal itu pun berlaku ketika seseorang sedang melaksanakan puasa sunnah Senin Kamis. Di mana dengan melaksanakan puasa ini, bisa menambah setiap amalan kebaikan di hari tersebut. Misalnya dengan beristighfar, membaca al qur'an, zikir dan amalan lainnya>

5. Bentuk rasa syukur

Manusia seringkali kurang bersyukur terhadap semua nikmat Allah yang sudah diberikan kepadanya. Bahkan, tidak jarang juga beberapa umat malah kufur terhadap nikmat Allah dan selalu merasa tidak cukup terhadap apapun yang dimilikinya. Padahal, kita sendiri tahu bahwa sudah banyak sekali kenikamatan yang diberikan oleh Allah kepada umat-Nya.

Dengan melakukan puasa Senin dan Kamis, itu bisa menjadi salah satu ungkapan rasa terima kasih atau bentuk syukur kita kepada Allah. Di mana kita pun sembari menyadari bahwa di luaran sana masih banyak oranglain yang kelaparan di setiap harinya dan sementinya harus kita bantu. Bahkan dengan puasa pun, kita akan lebih menghargai setiap apapun yang Allah berikan terhadap kita.



6. Baik untuk kesehatan

Manfaat lainnya adalah berhubungan dengan masalah kesehatan. Banyak orang yang beranggapan bahwasannya berpuasa bisa membuat seseorang jadi sakit. Padahal, itu tidaklah benar. Justru, berpuasa termasuk puasa sunnah Senin Kamis bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan.

Terlebih bagi masalah sistem pencernaan. Berpuasa pun bisa mengatasi masalah darah tinggi yang sangat berpotensi menjadi penyebab sakit jantung. Pasalnya, ketika berpuasa, emosi kita lebih terjaga. Sehingga tekanan darah yang semula tinggi, lama kelamaan akan menjadi stabil kembali.

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4314 seconds (0.1#10.140)