Hukum Membaca Al-Qur'an di HP

Rabu, 06 Oktober 2021 - 21:17 WIB
loading...
Hukum Membaca Al-Quran di HP
Di era Daring (dalam jaringan) saat ini, banyak di antara kaum muslimin membaca Al-Quran menggunakan teknologi HP. Foto/dok islamidia
A A A
Hukum membaca Al-Qur'an di HP (handphone) sering ditanyakan di berbagai kajian Islam. Apalagi di era teknologi saat ini, banyak di antara umat Islam memanfaatkan HP untuk beraktivitas termasuk urusan ibadah.

Membaca Al-Qur'an di HP bukanlah hal yang aneh di masa sekarang ini. Pemandangan kaum muslimin memegang HP usai sholat berjamaah di masjid sering kita temui. Bahkan ada yang terlihat khusyu' melantunkan Al-Qur'an lewat HP-nya.

Bagaimana sebenarnya hukum membaca Al-Qur'an di HP? Dai lulusan Sastra Arab UI, Ustaz Farid Nu'man Hasan menerangkan, apabila orang membaca Al-Qur'an lewat mushaf Al-Qur'an, ia mendapatkan dua keutamaan:
1. Membaca Al-Qur'an itu sendiri
2. Pahala melihat mushaf, karena melihat mushaf sudah dinilai sebagai ibadah.

Imam an-Nawawi mengatakan dalam Al-Majmu' Syarh al-Muhadzdzab:

القراءة في المصحف أفضل من القراءة عن ظهر قلب، لأنها تجمع القراءة والنظر في المصحف وهو عبادة أخرى

"Membaca Al-Qur'an lewat mushaf lebih utama dibanding lewat hafalan, karena membaca lewat mushaf terkumpul keutamaan membaca dan melihat mushaf, dan itu (melihat mushaf) merupakan tersendiri."

Sedangkan membaca Al-Qur'an lewat aplikasi Al-Qur'an di HP, karena HP bukan mushaf, maka ia hanya dapat satu keutamaan membaca Al-Qur'an saja. Namun, sebagian orang ada yang merasa ini lebih praktis, sedangkan lewat mushaf agak repot.

Maka ada kaidah fiqih:

الأجر على قدر تعب

"Besar kecil pahala tergantung kadar kesusahan sebuah amal."

Wallahu A'lam

Baca Juga: Keutamaan Membaca Al-Qur'an dengan Mushaf
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2539 seconds (0.1#10.140)