Tadabur Surat Yusuf Ayat 1-2: Alasan Al-Qur'an Diturunkan Berbahasa Arab

loading...
Tadabur Surat Yusuf Ayat 1-2: Alasan Al-Quran Diturunkan Berbahasa Arab
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni, Dai Lulusan Al-Azhar Mesir. Foto/Ist
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni
Yayasan Pustaka Afaf,
Dai Lulusan Al-Azhar Mesir

Surat Yusuf (يوسف) adalah satu-satunya surat yang menceritakan kisah Nabi secara detail. Surat Yusuf merupakan surah ke-12 terdiri dari 111 ayat diturunkan di Makkah.

Salah satu fadhillah Surat Yusuf yaitu dapat menghilangkan kesedihan bagi yang membacanya. Dan yang sedang mengalami kesulitan maka akan semangat menanti kemudahan.

Berikut Tadabur Surat Yusuf Ayat 1-2

Ayat 1:

الۤرٰ ۗ تِلْكَ اٰيٰتُ الْكِتٰبِ الْمُبِيْنِۗ

Alif Laaam Raa, Tilka Aayaatul Kitaabil Mubiin.

"Alif, Laam, Raa. Ini adalah ayat-ayat kitab (Al-Qur'an) yang nyata (dari Allah)." (QS Yusuf ayat 1)

Pesan dan Hikmah:
1. Penggalan huruf ini sengaja Allah tampilkan untuk menarik perhatian orang-orang yang suka berpaling dari ayat Al-Qur'an, di mana huruf-huruf ini menakjubkan yang mendengarnya sekaligus melemahkan pihak lawan untuk mendatangkan ayat semisalnya, itulah yang disebut mukjizat.

2. Para ulama dari dulu hingga kini berbeda pendapat dalam memahami makna dari tiga huruf alfabet arab itu, hanya Allah yang Maha mengetahui. Itulah jawaban yang dikemukakan para ulama abad pertama hingga abad ketiga menurut Prof Quraish Shibab.

3. Kendati banyak ulama yang berusaha memahaminya, namun yang lebih aman adalah jawaban "Hanya Allah yang Maha mengetahuinya". Sehingga ini menunjukan kehebatan Allah dalam kalam-Nya sebagaimana kehebatan Allah dalam segala hal yang diciptakannya mulai dari manusia dan alam jagad raya ini.

4. Huruf-huruf alfabet Arab yang terputus itu sebagai pembuka yang menarik sekaligus mencuri perhatian orang yang mendengarnya atau membacanya untuk mau menyimak sesuatu yang akan disampaikan setelahnya. Yaitu tentang kejelasan ayat-ayat Allah yang nyata dan tidak samar hingga tidak menimbulkan kebingungan dan keraguan.

Ayat 2:

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ قُرْاٰنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ

Innaaa anzalnaahu quraanan 'Arabiyyal la 'allakum ta'qiluun.

"Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Qur'an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya." (QS Yusuf: 2)

Pesan dan Hikmah:
1. Kenapa dipilih bahasa Arab sebagai bahasa pengantar Al-Qur'an, ada beberapa alasan atau hikmahnya, yaitu:

Pertama, faktor sosiologi. Karena objek dakwah saat Al-Qur'an turun adalah mayoritas berbahasa Arab, sehingga wajar, logis dan realistis jika bahasa yang digunakan untuk menyampaikan maksud dan tujuan pesan Al-Qur'an dengan bahasa yang sesuai, mudah diterima dan dipahami mereka yaitu Bahasa Arab.

Kedua, faktor superioritas bahasa Arab itu sendiri yang sangat fasih, kaya kata dan makna. Seakan bahasa Arab menjadi bahasa dasar semua bangsa.

Ketiga, faktor tujuan Al-Qur'an yang selalu menantang orang yang meragukan kebenarannya. Sehingga tidak ada yang mampu menandinginya dari segi susunan dan keindahan bahasanya serta sarat maknanya padahal mereka semua berbahasa Arab.

Keempat, seperti disebutkan kalimat setelahnya "agar kita memahaminya" bahwa ayat Al-Qur'an bukanlah karangan manusia atau hasil pikiran nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam sehingga kita termotivasi untuk serius mempelajarinya.

Wallahu A'lam

Baca Juga: Tadabur Surat Yusuf, Kisah Terindah yang Menceritakan 10 Episode
(rhs)
preload video