Rahasia dan Faedah Melihat Stempel Tanda Kenabian Muhammad SAW

loading...
Rahasia dan Faedah Melihat Stempel Tanda Kenabian Muhammad SAW
Beginilah penampakan tanda stempel Kenabian yang melekat di antara dua bahu Rasulullah SAW. Foto/Ist
Salah satu keistimewaan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) adalah stempel tanda kenabian yang melekat di tubuh beliau. Secara lahiriyah memang manusia biasa, namun beliau memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki siapa pun di muka bumi.

Stempel cap tanda kenabian ini disebut dengan "Khatam an-Nubuwwah". Tak ada manusia yang diberi kemuliaan ini kecuali Baginda Rasulullah SAW.

Baca Juga: 11 Keutamaan Memperingati Maulid Nabi Muhammad

Sayyidina Ali Bin Abi Thalib menceritakan sifat-sifat Rasulullah: "Di antara kedua bahu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam terdapat khatam (tanda) kenabian, yaitu khatam para Nabi". (HR Ahmad Ubadah adh-Dhabi, Ali bin Hujr dan lainnya, yang mereka terima dari Isa bin Yunus dari Umar bin Abdullah dari Ibrahim bin Muhammad yang bersumber dari salah seorang putera Sayyidina Ali bin Abi Thalib).

Jabir bin Samurah berkata: "Aku melihat sebuah cap (stempel) di punggung Rasulullah SAW kira-kira sebesar telur merpati." (HR Muslim 2344)

Dalam Syarh al-Barzanji dikatakan: "Ia (Khatam an-Nubuwwah) adalah daging atau lemak yang hitam (nampak timbul) bercampur kekuningan (seperti urat), lalu sekelilingnya itu ada bulu-bulu rambut yang beriring-iringan seperti bulu kuda (yang halus).

Dikutip dari Pustaka Muhibbin, Khatam an-Nubuwwah disebut sebagai lambang "Tawajjuh" yang menjadi salah satu legalitas tanda kenabian Rasulullah Muhammad. Munculnya stempel kenabian ini dikatakan sejak Rasulullah dilahirkan. Pendapat lain mengatakan muncul setelah beberapa saat dilahirkan. Begitu muncul tanda kenabian tersebut bersamaan dengan keluarnya cahaya yang menjulang tinggi ke langit.

Faedah Melihat Khatam an-Nubuwwah
Rahasia dan Faedah Melihat Stempel Tanda Kenabian Muhammad SAW

Di antara asrar (rahasia) dari Khatam an-Nubuwwah adalah sebagaimana diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi berikut: "Siapa yang berwudhu kemudian melihatnya (Khatam an-Nubuwwah) di waktu Shubuh, maka Allah menjaganya sampai sore hari. Siapa yang melihatnya di waktu Maghrib, maka Allah menjaganya sampai waktu Shubuh. Siapa yang melihatnya pada permulaan bulan, maka Allah menjaganya sampai akhir bulan dari bala' dan marabahaya. Siapa yang melihatnya pada waktu bepergian, maka kepergiannya akan menjadi berkah. Dan siapa yang meninggal pada tahun itu juga, maka Allah menutupnya dengan keimanan. Yang terpenting yang saya kehendaki dari Allah bahwa orang yang melihatnya dengan pandangan cinta dan iman sepanjang umurnya sekali saja, maka Allah menjaganya dari semua yang dibenci sampai berjumpa dengan Allah." (Madarij ash-Shu’ud Syarh al-Barzanji Halaman 50-52)

Keterangan Gambar:
1. Bagian tengah bertulis: اللهُ وَحْدَهُ لَاشَريْكَ لَهُ مُحَمَّدٌ عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ "Allahu wahdahu laa syariika lahu Muhammadun 'Abduhu wa Rasuluhu" (Allah Yang Maha Esa tiada sekutu bagiNya, Nabi Muhammad hamba dan utusanNya).
2. Baris kanan tertulis: تَوَجَّهُ حَيْثُ شئْتَ "Tawajjahu haitsu Syi'ta" (Engkau [wahai Muhammad] menghadap ke arah mana pun).
3. Baris kiri: فَانَّكَ مَنْصُوْرٌ "Fainnaka manshurun" (Maka sesusungguhnya engkau [Nabi Muhammad] akan dibantu).

Baca Juga: Stempel Kenabian Muhammad yang Jarang Diketahui, Begini Tandanya

Wallahu A'lam
(rhs)
cover top ayah
رَبِّ اجۡعَلۡنِىۡ مُقِيۡمَ الصَّلٰوةِ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِىۡ‌‌ ۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ‏
Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.

(QS. Ibrahim:40)
cover bottom ayah
preload video