Jangan Takut Miskin karena Bersedekah, Ini Balasannya

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 20:42 WIB
loading...
Jangan Takut Miskin karena Bersedekah, Ini Balasannya
Sedekah tidak akan menjadikan seseorang miskin. Justru sebaliknya, harta yang dikeluarkan mendapat balasan lebih banyak dari Allah. Foto/ist
A A A
Bersedekah atau mengeluarkan infak adalah amalan yang dicintai Allah Ta'ala. Banyak ayat dan Hadis yang menerangkan keutamaan bersedekah ini. Di antaranya dapat memadamkan murkanya Allah dan mengganti harta yang kita keluarkan dengan yang lebih baik.

Sedekah tidak akan menjadikan seseorang jatuh miskin. Justru sebaliknya, harta yang dikeluarkan akan mendapat balasan lebih banyak dari Allah. Berikut firman-Nya:

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ ۚوَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖوَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

"Katakanlah: 'Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya." Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik." (QS Saba': 39)



Di ayat lain, Allah menegaskan: "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak". (QS. Al-Hadid: 18)

Allah juga mengabarkan bahwa akan mengganti orang-orang yang ikhlas di dunia dengan pahala di akhirat, sebagaimana sabda Nabi: "Tidaklah berkurang sedekah dari harta. Dialah Allah yang Maha memberi rezeki dan kebaikan yang diberikan."

Diganjar Hingga 700 Kali Lipat
Siapa saja yang menginfakkan hartanya dalam kebaikan (jihad fi sabilillah) dari harta yang halal dan hanya mencari ridha Allah, maka Allah akan melipatgandakan pahala dan balasan untuknya. 1 kebaikan menjadi sepuluh sampai 700 kali lipatnya. Bahkan sampai tak terbatas karena Allah Maha Pemurah dan Maha Dermawan.

Ibnu Katsir rahimahullah berkata: "Apapun yang kamu infakkan dalam apa yang diperintahkan kepadamu atau yang dimubahkan bagimu, maka Dia akan memberikan gantinya untukmu di dunia, dan di akhirat dengan ganjaran dan pahala."

Hal ini dengan sejalan dengan firman Allah dalam Hadits Qudsi:

أَنْفِقْ أُنْفِقْ عَلَيْكَ

"Berinfaklah, niscaya Aku berinfak kepadamu." (Muttafaq 'Alaih)

Keutamaan orang bersedekah juga disebutkan Nabi dalam Hadis sahih berikut:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُولُ الْآخَرُ: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

"Tiada hari melainkan pada pagi harinya ada dua Malaikat yang turun. Lalu salah satunya berucap (berdoa): Ya Allah, berilah ganti untuk orang yang berinfaq. Sedangkan yang lain berdoa: Ya Allah timpakanlah kehancuran kepada orang yang kikir (tidak berinfaq)." (Muttafaqun 'alaih)

أَنْفِقْ بِلَالًا وَلَا تَخْشَ مِنْ ذِي الْعَرْشِ إِقْلَالًا

"Berinfakanlah wahai Bilal, jangan takut pemilik 'Arsy (Allah) kurangi hartamu." (HR. Al-Baihaqi)

Sedekah akan menjadi sebab bertambahnya harta dan lapangnya rezeki. Allah berfirman:

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan." (QS Al-Baqarah: 245)

Orang yang berinfak tidak akan menyempitkan rezekinya. Dalam ayat ini, Allah akan memberi balasan memuaskan atas infaknya baik di dunia dengan ganti berlipat maupun di akhirat dengan balasan kenikmatan yang tiada tara.

Keyakinan ini akan menjadi penawar atas bisikan setan yang menakut-nakuti orang berinfak dengan kemiskinan.

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلا وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

"Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (Al-Baqarah: 268)

Ibnu Katsir berkata tentang firman Allah: "Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan". Maksudnya: ia menakut-nakuti kalian dengan kefakiran supaya kalian tetap menggenggam tangan kalian, sehingga tidak menginfakkanya dalam keridhaan Allah.

Demikian dahsyatnya ganjaran bagi orang yang bersedekah. Semoga Allah memberi taufik-Nya agar kita dimasukkan ke dalam golongan yang senantiasa bersedekah baik di waktu sempit maupun di kala lapang.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)