Doa Nabi Yusuf, Amalan Doa agar Dijauhi Fitnah dan Dicintai Banyak Orang

loading...
Doa Nabi Yusuf, Amalan Doa agar Dijauhi Fitnah dan Dicintai Banyak Orang
Salah satu doa Nabi Yusuf yang bisa kita amalkan adalah doa ketika becermin. Doa ini ini adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas anugrah wajah yang telah kita miliki, lantas disambung dengan permintaan agar Allah SWT juga memperbaiki akhlak kita.
Nabi Yusuf alaihissalam, merupakan salah satu dari 25 nabi yang disebutkan dalam Al-Qur'an. Nabi Yusuf juga dijelaskan memiliki paras yang sangat tampan dan akhlak yang mulia sehingga semua orang mencintainya. Ketampanannya menginspirasi seluruh umat muslim di dunia untuk mendapatkan keturunan seperti beliau. Salah satu caranya adalah dengan membaca atau mengamalkan surat Yusuf di Al-Qur'an dan juga rutin membaca doa Nabi Yusuf.

Karena rupa dan ketampanannya ini, terjadi sebuah kisah dalam hidup nabi Yusuf. Sejak kecil beliau menjadi anak yang paling disayangi oleh ayahnya. Dan karena ketampanannya pula, Nabi Yusuf juga dimusuhi oleh saudaranya. Cobaan demi cobaan dilalui oleh Nabi Yusuf. Dengan doa-doanya, beliau mampu melewati berbagai macam fitnah.

Baca juga: Meneladani Good Looking Nabi Yusuf, Kisah Terindah dalam Al-Qur'an

Ada beberapa doa yang dipanjatkan Nabi Yusuf untuk mengatasi berbagai peristiwa dalam hidupnya. Berikut di antara doa yang dipanjatkan Nabi Yusuf yang bersumber dari Al-Qur'an serta Hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam :

1. Doa menjauhkan diri dari hawa nafsu

Doa ini bersumber dari al-Quran yang terdapat pada Surah Yusuf ayat 33 :
رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ

Robbissijnu Akhabbul ilayya Mimma Yad’unaniy ilaihi. Wailla Tashrif ‘Anni Kaydahunna Ashbu ilaihinna Aa Akuminal Jahilin.

Artinya : Yusuf berkata: “Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh”.

2. Doa ketika becermin

Berikut adalah Bacaan Doa Nabi Yusuf yang baik dibaca ketika Bercermin. Doa ini juga dibaca oleh Rasulullah SAW dari Ibnu Mas’ud :
حديث اِبْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم: «اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي, فَحَسِّنْ خُلُقِي». رَوَاهُ أَحْمَدُ وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ.


Dari Ibnu Mas’ud, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Ya Allah sebagaimana Engaku telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.” diriwayatkan Ahmad dan di sahihkan ibnu hibban.

Baca juga: 7 Keutamaan Berdoa yang Jarang Diperhatikan

Dari hadis di atas dapat dipahami bahwa doa ini adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas anugrah wajah yang telah kita miliki, lantas disambung dengan permintaan agar Allah SWT juga memperbaiki akhlak kita.
اَلَّلهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Allahumma Kamaa Hassanta Kholqii Fa Khassin Khuluqi.

Para ulama mengatakan bahwa doa ini baik kita amalkan ketika sedang bercermin agar kita memilki aura wajah yang menawan dan dicintai semua orang.

3. Doa agar dicintai semua orang

Lafadz doanya yang dipanjatkan Nabi Yusuf adalah sebagai berikut:
الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Allaahummajalniy Nuuru Yusufa ‘Ala Wajhii Fa Man Roaanii Yuhibbunii Mahabbatan.

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku.”

Doa ini biasanya dibaca dengan niat agar memiliki wajah yang tampan dan menarik. Doa ini juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa yaitu mampu memancarkan aura wajah kita hingga dicintai semua orang. Mungkin doa ini pula yang sering disebut sebagian orang atau populer sebagai doa pengasih atau doa untuk menarik hati seseorang yang kita sukai.

Baca juga: Berduaan Bukan Mahramnya, Bentuk Kemungkaran yang Berbahaya dan Sering Diremehkan Wanita

Wallahu A'lam
(wid)
cover top ayah
رَبَّنَاۤ اِنَّنَا سَمِعۡنَا مُنَادِيًا يُّنَادِىۡ لِلۡاِيۡمَانِ اَنۡ اٰمِنُوۡا بِرَبِّكُمۡ فَاٰمَنَّا  ۖرَبَّنَا فَاغۡفِرۡ لَنَا ذُنُوۡبَنَا وَكَفِّرۡ عَنَّا سَيِّاٰتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الۡاَبۡرَارِ‌ۚ
Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu), “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu,” maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, dan matikanlah kami beserta orang-orang yang berbakti.

(QS. Ali 'Imran:193)
cover bottom ayah
preload video