Karomah Sa'ad Bin Abi Waqqash, Sahabat Pemilik Doa Mustajab (1)

Kamis, 28 Oktober 2021 - 05:07 WIB
loading...
A A A
Laki-laki itu menjawab, "Kamu menakutiku, seolah-olah kamu ini Nabi." Sa'ad lalu berdoa: "Ya Allah, ia telah mencaci-maki para pemimpin yang telah Engkau unggulkan, maka timpakan malapetaka padanya hari ini."

Tiba-tiba datanglah seorang peramal perempuan sehingga orang-orang berlarian menghindarinya, lalu sang peramal memukul laki-laki itu dengan keras. Orang-orang mengikuti Sa'ad, dan berkata: "Allah telah mengabulkan-doamu, Ya Abu Ishaq."

Penyebab Doa Sa'ad Mustajab
Semua orang mengakui dahsyatnya doa Sa'ad Bin Abi Waqqash yang mendapat ridho dari Allah Ta'ala. Ternyata penyebab doa beliau mustajab berkat doa dari Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

Mutajabnya doa Sa'ad Bin Abi Waqqash karena Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah mendoakan agar doanya mustajab. (Riwayat At-Thabrani dari Amir bin Sa'ad)

Imam At-Tirmidzi dan Al-Hakim meriwayatkan dan menyatakan kesahihan hadis Nabi tentang Sa'ad. "Ya Allah, kabulkanlah semua doa yang dipanjatkan Sa'ad!"

Hingga setiap doa yang dipanjatkan Sa'ad selalu dikabulkan Allah. Dalam hadis lain dinyatakan, "Ya Allah, kabulkanlah doa Sa'ad dan tepatkanlah lemparan panahnya!"

Di riwayat lain disebut, penyebab doa Sa'ad mustajab karena tak pernah makan dari yang haram. Dikisahkan, ada yang bertanya kepada Sa'ad bin Abi Waqqash. "Apa yang membuat doamu mudah dikabulkan dibanding para sahabat Rasulullah lainnya?"

Sa'ad berkata: "Saya tidaklah memasukkan satu suapan ke dalam mulutku melainkan saya mengetahui dari manakah datangnya dan dari mana akan keluar."

Bersambung!

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)