Jihad Laut Daulah Aghlabiyah di Afrika Sukses Invasi ke Wilayah Eropa

loading...
Jihad Laut Daulah Aghlabiyah di Afrika Sukses Invasi ke Wilayah Eropa
Angkatan laut Islam di masa Daulah Aghlabiyah lumayan moncer. Pengusa Afrika ini sukses menaklukkan sejumlah wilayah Eropa. (Foto/Ilustrasi: Ist)
Daulah Aghlabiyah mencapai masa keemasan ketika di bawah pimpinan Ziyadatullah I. Pasukan dinasti ini mampu melakukan ekspansi hingga ke wilayah Eropa. Benua Afrika pun berjaya di berbagai bidang kehidupan, khususnya di bidang maritim.

Baca juga: Catatan Emas Jihad Laut Daulah Thuluniyah Bendung Serangan Byzantium

Syaikh Abdul Aziz Az-Zuhairi dalam bukunya berjudul "Khairuddin Barbarossa: Pahlawan Islam Penguasa Lautan" memaparkan Daulah Aghlabiyah memberikan sumbangan besar di bidang maritim pada permulaan abad ke-3 H. Hal ini didukung oleh beberapa faktor.

Pertama, panjangnya wilayah pesisir yang dikuasi Daulah Aghlabiyah, mulai dari Tripoli di bagian timur negeri hingga Bijayah (wilayah Aljazair) di bagian barat. Kenyataan ini menuntut adanya kekuatan maritim yang mampu menjaga wilayah pesisir dari ancaman Byzantium, bahkan yang mampu melancarkan serangan ke jantung wilayah Byzantium.

Kedua, rakyat memiliki kemahiran, kemampuan, dan kecakapan dalam bidang maritim dan segala hal yang terkait. Selain itu, rakyat Aghlabiyah sangat memahami karakter bangsa Byzantium lantaran proses interaksi yang panjang selama masa penjajahan mereka atas wilayah Afrika Utara.

Ketiga, tersedianya bahan-bahan baku utama untuk membangun armada laut. Misalnya, tersedianya tenaga terampil dan tersedianya pabrik pembuatan kapal di Tunisa sejak era Jabir bin An-Nu'man.

Keempat, tumbuhnya semangat jihad di dalam dada rakyat negeri tersebut setelah mengalami pergolakan sekian lama.

Semangat jihad tersebut tumbuh berkat tersiarnya Mazhab Imam Maliki, juga karena beberapa murid Imam Maliki tinggal di sana. Di antara mereka adalah Asad bin Al-Furat, Al-Bahlul bin Rasyid, Ibnu Umar Ar-Ruaini, dan beberapa lainnya.

Daulah Aghlabiyah berhasil menaklukkan beberapa wilayah. Di antara penaklukan penting dicapai itu adalah pada tahun 213 H, mereka berhasil menaklukkan Pulau Sicilia, sebuah pulau terbesar di Laut Mediterania.

Pada tahun 255 H, mereka menaklukkan Pulau Malta. Beberapa kali mereka menyerang Pulau Sardania, dan nyaris berhasil merebutnya.
halaman ke-1
cover top ayah
وَلَا تَكُوۡنُوۡا كَالَّذِيۡنَ تَفَرَّقُوۡا وَاخۡتَلَفُوۡا مِنۡۢ بَعۡدِ مَا جَآءَهُمُ الۡبَيِّنٰتُ‌ؕ وَاُولٰٓٮِٕكَ لَهُمۡ عَذَابٌ عَظِيۡمٌۙ
Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang bercerai berai dan berselisih setelah sampai kepada mereka keterangan yang jelas. Dan Mereka itulah orang-orang yang mendapat azab yang berat,

(QS. Ali 'Imran:105)
cover bottom ayah
preload video