5 Rahasia Rasulullah Jarang Sakit, Patut Kita Tiru!

Jum'at, 19 November 2021 - 17:11 WIB
loading...
A A A
Untuk diketahui, Rasulullah sehari tidur 3 kali, tetapi tidak ada yang panjang. Beliau tidur setelah sholat Isya dan bangun tengah malam untuk Qiyamul Lail. Kemudian tidur sejenak sebelum masuk Adzan Subuh. Beliau juga tidur sebentar di waktu qailulah, yaitu pertengahan siang sebelum masuk waktu Zuhur.

Rasulullah tidak pernah langsung tidur setelah makan. Dalam satu riwayat, Nabi berpesan: "Janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras."

Rasulullah juga tidak tidur setelah Subuh. Beliau memulai aktivitasnya bakda Subuh setelah terbit matahari. Inilah salah satu rahasia sehat dan keberkahan hidup Baginda Rasulullah.

5. Berpuasa dan Bersedekah
Rasulullah adalah orang yang gemar berpuasa. Selain puasa 3 hari setiap bulan (Ayyamul Biidh), beliau juga sering menghidupkan puasa pada hari Senin dan Kamis.

Yusuf Qaradhawi menyebutkan berpuasa dapat membersihkan hati dan menyehatkan badan. Secara medis, puasa memiliki khasiat menyembuhkan banyak penyakit. Meningkatkan metabolisme tubuh, mengendalikan diabetes dan tekanan darah, serta masih banyak khasiat lainnya.

Selain berpuasa, rahasia sehat lainnya adalah bersedekah. Rasulullah mengingatkan umatnya agar jangan membiarkan sehari berlalu tanpa bersedekah. "Tiap-tiap jiwa keturunan Adam tanpa kecuali harus bersedekah setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya."

Di riwayat lain, Rasulullah bersabda, "Obatilah orang yang sakit dengan sedekah. Bentengilah harta yang kamu miliki dengan zakat dan tolaklah marabahaya dengan doa." (HR Al-Baihaqi)

Bagi yang tidak memiliki kelebihan harta untuk bersedekah bisa melakukan pintu kebajikan yang termasuk bagian dari sedekah. Seperti mengucapkan tasbih, tahmid, takbir, tahlil dengan khidmat dan khusu. Mengajak orang kepada kebaikan, menyingkirkan batu di jalanan, membantu orang lemah, senyuman di hadapan saudara.

Demikian rahasia Rasulullah jarang sakit yang dapat kita tiru. Semoga Allah mencurahkan taufik-Nya agar kita dimudahkan mengikuti sunnah dan kebiasaan Nabi.

Baca Juga: Jurus Sehat Ala Rasulullah, Yuk Amalkan!
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)