Manfaat Bacaan Hamdalah yang Efeknya Luar Biasa dalam Kehidupan

loading...
Manfaat Bacaan Hamdalah yang Efeknya Luar Biasa dalam Kehidupan
Membiasakan mengucapkan alhamdulillah sangat baik karena mengucapkan tersebut memberikan banyak manfaat untuk kehidupan kita. Foto ilustrasi/trimelive
Kalimat hamdalah atau ' Alhamdulillah ' merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kita terhadap segala nikmat, rezeki serta berbagai anugerah yang telah Allah subhanahu wa ta'ala berikan kepada kita. Membiasakan mengucapkan alhamdulillah sangat baik karena mengucapkan tersebut memberikan banyak manfaat untuk kehidupan kita.

Di dalam Al Qur'an Allah Ta'ala berfirman:
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim Ayat 7)

Baca juga: Tafsir Al-Fatihah, Ini Makna Kalimat Hamdalah yang Menakjubkan

Ada banyak manfaat bila kita sering mengucapkan kalimat hamdalah ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaatnya :

1.Diampuni dosa

Jika seseorang sampai tiga kali mengucapkan alhamdulillah , maka ucapan ketiganya itu Allah akan menambah pahala baru serta mengampuni dosanya. Betapa Maha Pemurahnya Allah, dengan mengucapkan alhamdulillah saja, Allah mengampuni dosa kita. Kadangkala manusia saja yang sering sombong dan merasa angkuh sehingga enggan untuk bersyukur, padahal sejatinya semua yang dimiliki oleh manusia adalah titipin dari Allah.

2. Mendapatkan pahala

Orang yang mau mengucapkan alhamdulillah berati orang tersebut telah memuji Allah maka Allah akan memberikan pahala atas orang tersebut. Jika orang tersebut mengucapkan alhamdulilah lagi yang kedua kali maka Allah akan menambah lagi pahala baru untuk orang tersebut. Jadi sebenarnya kita mencari pahala tidak sulit dengan mengucapkan alhamdulillah saja Allah akan memberi pahala kepada kita tentunya mengucapkan alhamdulillah dengan niat yang baik dan ikhlas.

3. Ditambah rezekinya

Seorang hamba yang mau bersyukur kepada Allah maka Allah telah berjanji akan menambah rezekinya. Bersyukur di sini juga bisa dilakukan dengan mengucapkan alhamdulillah. Selain mengucapkan alhamdulillah, kita juga bisa bersyukur dengan memberikan sedekah kepada orang yang kurang mampu.
halaman ke-1
cover top ayah
فَقَالُوۡا عَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلۡنَا‌ ۚ رَبَّنَا لَا تَجۡعَلۡنَا فِتۡنَةً لِّـلۡقَوۡمِ الظّٰلِمِيۡنَۙ‏
Lalu mereka berkata, Kepada Allah-lah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zhalim,

(QS. Yunus:85)
cover bottom ayah
preload video