Misteri Wafatnya Nabi Zakariya, Tukang Kayu yang Digergaji

Senin, 06 Desember 2021 - 14:21 WIB
loading...
Misteri Wafatnya Nabi Zakariya, Tukang Kayu yang Digergaji
Wafatnya Nabi Zakariya dianggap masih misteri. Ada yang meriwayatkan beliau dibunuh, riwayat lain menyebut beliau wafat dengan cara normal (Foto/Ilustrasi : Lukisan Michelangelo/Wikipedia)
A A A
Ada dua pendapat perihal kisahwafatnya Nabi Zakariya as . Ada yang menyebutkan bahwa Nabi Zakariya meninggal karena dibunuh, dan ada menyebut meninggal dengan cara yang normal.



Nabi Zakariya as adalah nabi yang diutus Allah SWT untuk Bani Israil . Pekerjaan Nabi Zakaria adalah tukang kayu. Dia mencari nafkah dengan keringatnya sendiri.

Sebagaimana dari Abu Hurairah , Rasulullah bersabda:

كَانَ زَكَرِيَّا عليه السَّلامُ نجَّاراً9


"Nabi Zakariya adalah seorang tukang kayu." (HR Muslim 4384 dan Ibnu Majah 2141).

Nabi Zakariya AS hidup bersama putranya, Nabi Yahya as . Walaupun Nabi Yahya sering menyendiri.

Adil Musthafa Abdul Halim dalam bukunya berjudul "Kisah Bapak dan Anak dalam Al-Quran" menceritakan saat Nabi Zakariya mengetahui kematian anaknya dan mengetahui Allah mengubur hidup-hidup orang yang membunuhnya, dia melarikan diri menuju kebun di Baitul Maqdis.

Saat Nabi Zakariya melewati pepohonan, pepohonan tersebut memanggilnya, “Wahai Nabi Allah, datanglah mendekat ke sini ke arahku.”

Nabi Zakariya datang mendekatinya dan pohon tersebut segera membuka diri sehingga dia dapat masuk dan bersembunyi. Sayangnya, ada iblis yang sedang menyaksikan persembunyian Nabi Zakariya.

Iblis segera memotong kain bajunya. Kemudian Iblis membawanya sebagai bukti keberadaan Nabi Zakariya kepada orang-orang yang sedang mencarinya. Mendengar laporan iblis, mereka berkata “Kami tidak mempercayaimu”.

Iblis lalu menunjukkan bukti sepotong kain baju Nabi Zakariya. Sontak, ketika melihatnya, mereka terkejut dan meminta ditunjukkan lokasi pohon tempat pesembunyian Nabi Zakariya. Ketika mereka sudah mengetahui, mereka mengambil kapak dan menghantam pohon tersebut sampai terbelah dua.

Hantaman kapak membuat Nabi Zakariya yang tengah bersembunyi terbunuh.



Digergaji
Ibnu Katsir menyatakan tentang kematian Nabi Zakariya karena dibunuh juga diriwayatkan oleh Abdul Mun'im bin Idris bin Sinan, dari ayahnya, dari Wahab bin Munabbih.

“Ketika itu Zakariya melarikan diri dari kejaran kaumnya, lalu ia masuk ke dalam sebuah pohon. Dan saat kaumnya mengetahui bahwa ia berada di dalam pohon, maka mereka mengambil sebuah gergaji dan menggergaji pohon tersebut.

Lalu pada saat gergaji itu sedikit lagi mencapai dirinya, Allah mewahyukan, “Apabila eranganmu tidak berhenti, maka Aku akan membalikkan negerimu dan semua orang yang ada di atasnya.”

Namun saat itu juga erangan Zakaria berhenti, hingga ia akhirnya terbelah menjadi dua."

Hanya saja, hal yang berbeda diriwayatkan oleh Ishaq bin Bisyr, dari Idris bin Sinan, dari Wahab bin Munabbih. Ia berkata, “Orang yang terbunuh di dalam pohon adalah Yesaya, sedangkan Zakariya meninggal dunia dengan cara yang wajar”.

Lepas dari itu, kaum Bani Israil adalah kaum yang sering membunuh nabi. Allah berfirman:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)