Doa Mengusap Wajah Selepas Sholat, Fadhilahnya Dipelihara dari Kesedihan

Minggu, 12 Desember 2021 - 20:57 WIB
loading...
Doa Mengusap Wajah Selepas Sholat, Fadhilahnya Dipelihara dari Kesedihan
Mengusap wajah sembari berdoa setelah sholat termasuk hal yang dianjurkan. Foto/dok fikroh
A A A
Dalam Kitab I'anah Ath-Thalibin disebutkan anjuran mengusap wajah setelah sholat berikut doanya. Siapa yang mengamalkannya akan mendapat fadhilah dipelihara dari kesedihan.

Imam Nawawi dalam Kitabnya Al-Adzkar juga meriwayatkan hadis dalam Kitab Ibnus Sunni dari Sahabat Anas bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasalllam apabila selesai melaksanakan sholat, beliau mengusap wajahnya dengan tangan kanannya lalu berdoa:

بسم الله الرحمن الرحيم, بسم الله الذي لا إله إلا هو الرحمن الرحيم, اللهم أذهب عني الهم والحزن


Bismillahir Rahmanir Rahim, Bismillahilladzi la ilaha illaa Huwar Rahmanir Rahiim, Allahumma Adzhib 'Annil hamma wal hazan.

Artinya:
Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, dengan nama Allah yang tidak ada Tuhan selainnya Dialah Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Ya Allah jauhkanlah diriku dari kegelisahan (kejenuhan/sumpek) dan kesedihan. (Riwayat Imam Al-Khatib)

Tata caranya, setelah memberi salam ketika sholat, usapkan telapak tangan kanan ke wajah sembari membaca doa di atas. Keutamaan doa dapat menjauhkan diri dari musibah, keraguan, kegelisahan dan perasaan tidak tenteram yang membuat diri merasa sedih atau berduka.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2473 seconds (0.1#10.140)