Sikap Imam Syafi'i Ketika Berdebat dengan Orang Bodoh

Kamis, 16 Desember 2021 - 17:54 WIB
loading...
A A A
ﻭَﺍﻟﻜَﻠﺐُ ﻳُﺨْﺴَﻰ ﻟَﻌَﻤْﺮِﻯْ ﻭَﻫُﻮَ ﻧَﺒَّﺎﺡُ

"Apakah kamu tidak melihat bahwa seekor singa itu ditakuti lantaran ia pendiam? Sedangkan seekor anjing dibuat permainan karena ia suka menggonggong ?" (Diwan As-Syafi’i karya Yusuf Asy-Syekh Muhammad Al-Baqa'i)

Beliau menambahkan:"Orang pandir mencercaku dengan kata-kata jelek. Maka aku tidak ingin untuk menjawabnya. Dia bertambah pandir dan aku bertambah lembut, seperti kayu wangi yang dibakar malah menambah wangi." (Diwan Asy-Syafi’i Hal 156)

Maka, tidak perlu berdebat dengan orang-orang yang nantinya hanya akan menghinakan diri kita sendiri, bahkan bisa jadi juga menghinakan para Ulama.

Imam Syafi'i berkata kepada orang jahil yang menantangnya berdebat: "Berkatalah sekehendakmu untuk menghina kehormatanku, diamku dari orang hina adalah suatu jawaban. Bukanlah artinya aku tidak mempunyai jawaban, tetapi tidak pantas bagi singa meladeni anjing."

Demikian sikap Imam Syafi'i yang memilih diam ketika menghadapi orang-orang bodoh. Cara ini beliau lakukan agar terhindar dari perdebatan yang tidak berujung dan selamat dari sikap amarah.

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3227 seconds (0.1#10.140)