Doa Agar Dilindungi Saat Angin Kencang

Selasa, 21 Desember 2021 - 23:47 WIB
loading...
Doa Agar Dilindungi Saat Angin Kencang
Ketika terjadi angin kencang kita dianjurkan berdoa seperti yang diajarkan Baginda Nabi shallallahu alaihi wasallam. Foto/Ist
A A A
Di musim penghujan saat ini sering disertai dengan angin kencang hingga puting beliung. Keadaan seperti ini tentu dikhawatirkan membawa musibah termasuk penyakit.

Di antara penyakit yang kerap muncul saat cuaca dingin dan angin kencang adalah masuk angin, flu, alergi dan sesak nafas. Meskipun sakit merupakan sunnatullah, namun kita dianjurkan untuk berdoa sebagaimana diajarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Rasulullah mengajarkan doa-doa agar dilindungi dari keburukan dan diperlihara dari penyakit yang membinasakan. Sebagaimana sabda beliau dalam hadis yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Imam Ahmad: "Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah daripada doa".

Ketika ada angin kencang, kita dianjurkan membaca Doa berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ


"Ya Allah, aku memohon kepadamu kebaikan angin ini, kebaikan yang dibawa angin ini, dan kebaikan angin ini diutus. Dan aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan angin ini, keburukan yang dibawa angin ini, dan keburukan angin ini diutus."

Ummul Mukminin Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha menceritakan:

كَانَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا عَصَفَتِ الرِّيحُ قَالَ « اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Apabila ada angin bertiup, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam membaca doa: "Ya Allah, aku memohon kepadamu kebaikan angin ini, kebaikan yang dibawa angin ini, dan kebaikan angin ini diutus. Dan aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan angin ini, keburukan yang dibawa angin ini, dan keburukan angin ini diutus. (HR Muslim 2122)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4647 seconds (0.1#10.140)