Kisah Dua Putri Nabi Luth yang Selamat dari Azab dan Koreksi terhadap Taurat

Jum'at, 31 Desember 2021 - 17:33 WIB
loading...
Kisah Dua Putri Nabi Luth yang Selamat dari Azab dan Koreksi terhadap Taurat
Kisah putri Nabi Luth yang diselamatkan dari azab sesuai hadits berjumlah tiga orang (Foto/Ilustrasi : Ist)
A A A
Allah menimpakan azab kepada penduduk Sodom yang meliputi Sabah, Sarah, Amarah, dan Duma. Azab ini menewaskan jutaan orang. Penduduk Sodom saja terdiri dari 4 juta jiwa. Dan Allah menyelamatkan Nabi Luth dan putrinya.



Allah menurunkan azab setelah Nabi Luth menyampaikan peringatan akibat perilaku seks menyimpang mereka. Nabi Luth memohon kepada Allah:

قَالَ إِنِّي لِعَمَلِكُمْ مِنَ الْقَالِينَ
رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ
فَنَجَّيْنَاهُ وَأَهْلَهُ أَجْمَعِينَ
إِلَّا عَجُوزًا فِي الْغَابِرِينَ
ثُمَّ دَمَّرْنَا الْآخَرِينَ
وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَطَرًا ۖ فَسَاءَ مَطَرُ الْمُنْذَرِينَ


Dia (Luth) berkata, Aku sungguh benci kepada perbuatanmu.
(Luth berdoa): Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dan keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan.
Lalu Kami selamatkan ia bersama keluarganya semua, kecuali seorang perempuan tua (istrinya), yang termasuk dalam golongan yang tinggal.
Kemudian kami binasakan yang lain. Dan Kami hujani mereka (dengan hujan batu) maka amat buruk hujan yang menimpa orang-orang yang telah diberi peringatan.” ( QS Asy-Syu'araa' : 168-173).

Buku Ensiklopedia Wanita Al-Quran menyebut dua putri Nabi Luth yang diselamatkan itu adalah Rita dan Za’wara. Mereka berdua adalah wanita mukmin dan suci. Keduanya diselamatkan Allah dari azab yang dahsyat itu. Sedangkan istri Nabi Luth AS termasuk ke dalam orang-orang yang binasa.

Hanya saja, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Hakim dari Ibnu Abas , disebutkan bahwa putri Nabi Luth yang diselamatkan bukan dua, melainkan tiga orang.

Ibnu Abas mengisahkan bahwa pada malam hari desa itu diangkat sampai ia berada di antara langit dan bumi, sehingga mereka mendengar suara-suara burung di udara. Kemudian desa itu dijungkirbalikkan, lalu keluarlah angin kencang kepada mereka.

Barangsiapa terkena angin itu, pastilah ia mati. Dan barangsiapa yang kabur dari desa tersebut, maka ia akan dikejar oleh angin tersebut yang berubah menjadi batu yang akan membunuhnya.

Menurut Ibnu Abbas, lalu Luth pergi dengan ketiga putrinya. Ketika dia sampai di suatu tempat di kota Syam, putrinya yang besar meninggal, maka keluarlah darinya mata air yang bernama Wariyah.

Luth terus berjalan hingga tiba di tempat yang dikehendaki oleh Allah, dan putrinya yang termuda mati, maka memancarlah dari sisinya mata air yang diberi nama Ra'ziyah. Putri Luth yang masih hidup adalah yang tengah.

Hadits ini diriwayatkan oleh Hakim dalam Mustadrak Alas Shahihain, 2/375, dalam Kitab Tafsir (tafsir surat Hud). Hakim berkata, "Ini adalah hadits shahih di atas syarat Syaikhain, tetapi keduanya tidak meriwayatkannya." Tashih-nya disetujui oleh Dzahabi.



Koreksi Penyimpangan
Syaikh Umar Sulaiman al-Asyqor dalam bukunya berjudul "Kisah-Kisah Shahih Dalam Al-Qur’an dan Sunnah" menyatakan hadits ini juga mengoreksi Taurat yang menyebut putri Nabi Luth ada dua yang diselamatkan.

Siapa yang membaca Taurat, maka dia mendapati banyak peristiwa tentang Luth dengan alur cerita yang jelas. Al-Qur'an membenarkan banyak kejadian dan peristiwa yang dikisahkan dalam Taurat itu.

"Hanya saja, di dalamnya terdapat penyimpangan-penyimpangan, dan sebagian di antaranya tampak sepele, sedangkan yang lainnya termasuk penyimpangan yang besar dan berbahaya," ujar Syaikh Umar.

Selain tentang jumlah putri Nabi Luth, salah satu koreksi itu adalah penyimpangan Taurat tentang apa yang dinisbatkan kepada Nabiyullah Luth secara dusta dan palsu. Mereka mengklaim bahwa Luth yang menghabiskan seluruh umurnya untuk memerangi perbuatan keji telah berzina dengan kedua putrinya.

Taurat mengisahkan kedua putri Luth bersekongkol setelah mereka keluar dari desa yang diazab dan tinggal di sebuah gua di gunung dekat kota Shauar.

Kedua putrinya itu khawatir jika keturunan bapaknya akan terputus, maka keduanya menyuguhkan khamr kepadanya selama dua malam berturut-turut sampai dia teler.

Selanjutnya, putrinya yang tertua tidur bersamanya di malam pertama dan diteruskan dengan adiknya di malam berikutnya, hingga keduanya hamil darinya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2366 seconds (0.1#10.140)