Azab Kaum Nabi Luth, Peringatan bagi Perilaku Liwath

loading...
Azab Kaum Nabi Luth, Peringatan bagi Perilaku Liwath
Azab kaum Nabi Luth terjadi akibat perilaku seks menyimpang dan menolak dakwah Nabi Luth. (Foto/Ilustrasi : Wikipedia)
Azab kaum Nabi Luth terjadi akibat perilaku seks menyimpang dan menolak dakwah Nabi Luth. "Maka, tatkala datang azab Kami, Kami balikkan (kota itu), dan Kami turunkan di atasnya hujan batu, (seperti) tanah liat dibakar bertubi-tubi. Diberi tanda oleh Tuhanmu. Dan siksaan itu tidaklah jauh dari orang-orang yang zalim." ( QS Hud : 82-83 )

Baca juga: Istri Nabi Luth Diazab Allah Ternyata Ini Sebabnya

Wilayah yang terkena azab ini bernama al-Mutafikah, yang di dalamnya terdapat lima kota, yaitu Sabah, Sarah, Amarah, Duma, dan Sodom.

Al-Tabari dalam kitabnya berjudul Tarikh al-Rusul wa al-Muluk menyebutkan, bahwa Sodom kini terletak di Yordania.

Sementara itu, Ibnu Katsir dalam kitabnya berjudul Qisas Al-Anbiya menyebut dengan lebih detail. Menurut dia, lokasinya berada di pantai bagian barat Laut Mati, atau dalam bahasa Arab disebut Al-Bahr al-Mayyit.

Diutus di Kota Sodom
Kota Sodom adalah kota yang paling besar di antara kelima kota tersebut. Ke wilayah inilah Nabi Luth AS diutus Allah SWT.

Mulanya, Nabi Luth ‘alaihissalam bersama pamannya, Nabi Ibrahim AS, berhijrah menuju Mesir. Keduanya tinggal di sana beberapa lama, lalu kembali ke Palestina.

Di tengah perjalanan menuju Palestina, Nabi Luth meminta izin kepada Nabi Ibrahim untuk pergi dan tinggal ke negeri Sodom. Selanjutnya Nabi Luth menikah di kota itu.

Penduduk kota ini memiliki akhlak sangat buruk. Mereka terjangkit perilaku seks menyimpang, homoseksual. Para lelaki menyalurkan nafsu seks dengan sesama laki-laki. Perempuan dengan perempuan.

Perbuatan itu merajalela di Kota Sodom. Seorang pendatang tidak akan selamat dari gangguan penduduk Sodom.
halaman ke-1
cover top ayah
وَاٰتٰٮكُمۡ مِّنۡ كُلِّ مَا سَاَلۡـتُمُوۡهُ‌ ؕ وَاِنۡ تَعُدُّوۡا نِعۡمَتَ اللّٰهِ لَا تُحۡصُوۡهَا ؕ اِنَّ الۡاِنۡسَانَ لَـظَلُوۡمٌ كَفَّارٌ
Dan Dia telah memberikan kepadamu segala apa yang kamu mohonkan kepada-Nya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, manusia itu sangat zhalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).

(QS. Ibrahim:34)
cover bottom ayah
preload video