Bacaan Doa untuk Anak Sakit seperti Dicontohkan Rasulullah SAW

loading...
Bacaan Doa untuk Anak Sakit seperti Dicontohkan Rasulullah SAW
Ucapan doa untuk anak sakit dicontohkan Nabi Muhammad SAW, yang bisa diamalkan ketika anak sakit dan memohon kesembuhan segera dari Allah Taala. Foto ilustrasi/hellosehat
Ucapan doa untuk anak sakit dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Ucapan atau bacaan doa tersebut bisa dihapalkan dan diamalkan ketika ada anak atau keluarga yang sedang sakit dan memohon kesembuhan segera dari Allah Subhanahu wa ta'ala, setelah kita melakukan ikhtiar dengan berobat.

Baca juga: Doa yang Diajarkan Nabi Ketika Sahabat Sakit, Dibaca 7 Kali

Dirangkum dari berbagai sumber, beberapa ucapan doa untuk anak sakit ini, tercantum dalam dalil yang disampaikan dari Aisyah radhiyallahu'anha bahwasannya" Rasulullah pernah menjenguk sebagian keluarganya yang sakit. Kemudian, beliau mengusap dengan tangan kanannya sambil membaca doa berikut:
اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ أَنتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma Rabban nasi, adzhibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifa’a illa syifauka syifaan la yughadiru saqman.

Artinya: “Ya Allah Rabb seluruh manusia, hilangkanlah penyakit ini. Sembuhkanlah, Engkau adalah Dzat Yang Maha Menyembuhkan. (Maka) tidak ada obat (yang menyembuhkan) kecuali obatmu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.”

Selain ucapan di atas, ada pula contoh dari Nabi Muhammad SAW mengenai bacaan doa untuk anak dan keluarga yang sedang sakit.

1. Awalnya, membaca basmallah tiga kali.
بِسْمِ اللَّهِ

Bismillah.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah"

2. Lalu, membaca doa berikut sebanyak tujuh kali:
أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A'uudzu bi 'izzatillaahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru.

Artinya: "Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaanNya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." (HR. Muslim)

Doa tersebut bisa dilafalkan untuk anak yang sakit dengan beberapa penyesuaian seperti berikut:
halaman ke-1
cover top ayah
سُبۡحٰنَ الَّذِىۡ خَلَقَ الۡاَزۡوَاجَ كُلَّهَا مِمَّا تُنۡۢبِتُ الۡاَرۡضُ وَمِنۡ اَنۡفُسِهِمۡ وَمِمَّا لَا يَعۡلَمُوۡنَ‏
Mahasuci (Allah) yang telah menciptakan semuanya berpasang-pasangan, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri, maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.

(QS. Yasin:36)
cover bottom ayah
preload video