Kisah Nabi Luth, Malaikat Datang dengan Rupa Sangat Tampan

loading...
Kisah Nabi Luth, Malaikat Datang dengan Rupa Sangat Tampan
Kisah para Malaikat yang datang kepada Nabi Luth dengan rupa yang sangat tampan diabadikan dalam Al-Quran. Foto/ist
Ketika para Malaikat datang dengan rupa yang sangat tampan, Nabi Luth 'alaihissam merasa sangat khawatir dan berkata: "Ini adalah hari yang amat sulit dan membahayakan."

Beliau khawatir tamu-tamu istimewa utusan Allah itu 'digoda' kaumnya yang menyukai sesama jenis, bukan kepada wanita. Nabi Luth merasa sesak dadanya dan benar-benar kerepotan.

Untuk diketahui, Nabi Luth diutus jadi Rasul untuk kaumnya di wilayah Kan'an dekat Sodom (sebelah timur Palestina). Kisah kedatangan para Malaikat berwajah tampan ini diabadikan Allah dalam Al-Qur'an.

{وَلَمَّا جَاءَتْ رُسُلُنَا لُوطًا سِيءَ بِهِمْ وَضَاقَ بِهِمْ ذَرْعًا وَقَالَ هَذَا يَوْمٌ عَصِيبٌ (77) وَجَاءَهُ قَوْمُهُ يُهْرَعُونَ إِلَيْهِ وَمِنْ قَبْلُ كَانُوا يَعْمَلُونَ السَّيِّئَاتِ قَالَ يَا قَوْمِ هَؤُلاءِ بَنَاتِي هُنَّ أَطْهَرُ لَكُمْ فَاتَّقُوا اللَّهَ وَلا تُخْزُونِ فِي ضَيْفِي أَلَيْسَ مِنْكُمْ رَجُلٌ رَشِيدٌ (78) قَالُوا لَقَدْ عَلِمْتَ مَا لَنَا فِي بَنَاتِكَ مِنْ حَقٍّ وَإِنَّكَ لَتَعْلَمُ مَا نُرِيدُ (79) }

"Dan tatkala datang utusan-utusan Kami (para malaikat) itu kepada Lut, dia merasa susah dan merasa sempit dadanya karena kedatangan mereka, dan dia berkata, "Ini adalah hari yang amat sulit." Dan datanglah kepadanya kaumnya dengan bergegas-gegas. Dan sejak dahulu mereka selalu melakukan perbuatan-perbuatan yang keji. Luth berkata, "Hai kaumku, inilah putri-putriku, mereka lebih suci bagi kalian. Maka bertakwalah kepada Allah, dan janganlah kalian mencemarkan (nama)ku terhadap tamuku ini. Tidak adakah di antara kalian seorang yang berakal?" Mereka menjawab, "Sesungguhnya kamu telah tahu bahwa kami tidak mempunyai keinginan terhadap putri-putrimu; dan sesungguhnya kamu tentu mengetahui apa yang sebenarnya kami kehendaki." (QS. Hud Ayat 77-79)

Ibnu Katsir menjelaskan dalam tafsirnya bahwa sebelum mendatangi Nabi Luth, para Malaikat memberitahu Nabi Ibrahim bahwa mereka akan membinasakan kaum Luth atas perintah dari Allah.

Mereka berangkat dari rumah Nabi Ibrahim dan datang kepada Nabi Luth yang saat itu sedang berada di suatu tempat miliknya. Pendapat lain mengatakan Nabi Luth sedang berada di rumahnya. Mereka datang kepada Luth dalam rupa yang sangat tampan sebagai ujian dari Allah buat mereka, hanya Allah-lah yang mengetahui hikmah dan alasan hal tersebut.

Keadaan Malaikat yang tampan-tampan itu membuat Nabi Luth kerepotan dan khawatir bila dia tidak menerimanya sebagai tamu, maka kaumnya akan menerima mereka lalu berbuat buruk terhadap mereka.

{وَقَالَ هَذَا يَوْمٌ عَصِيبٌ}

"Dan Lut berkata, 'Ini adalah hari yang amat sulit." (QS Hud: 77)
halaman ke-1
cover top ayah
اِنَّ الَّذِيۡنَ اتَّقَوۡا اِذَا مَسَّهُمۡ طٰۤٮِٕفٌ مِّنَ الشَّيۡطٰنِ تَذَكَّرُوۡا فَاِذَا هُمۡ مُّبۡصِرُوۡنَ‌ۚ
Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa apabila mereka dibayang-bayangi pikiran jahat (berbuat dosa) dari setan, mereka pun segera ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya.

(QS. Al-A’raf:201)
cover bottom ayah
preload video