Surat Yusuf Ayat 30: Lima Tingkatan Cinta dalam Realita Kehidupan

loading...
Surat Yusuf Ayat 30: Lima Tingkatan Cinta dalam Realita Kehidupan
Kisah Nabi Yusuf digoda oleh istri pembesar Mesir menjadi pelajaran berharga bagi kita terutama bagi para publik figur. Foto/dok Azizstudios
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni
Yayasan Pustaka Afaf,
Dai Lulusan Al-Azhar Mesir

Berita buruk tersebar di kalangan istri pejabat Kerajaan Mesir bahwa istri pembesar menggoda Nabi Yusuf yang merupakan pelayannya. Peristiwa ini pun menuai perbincangan hangat hingga sampai kepada perempuan-perempuan di kota itu.

Allah menceritakannya dalam Surat Yusuf Ayat 30. Dari ayat ini, kita akan mengetahui lima tingkatan cinta dalam realitas kehidupan:

وَقَالَ نِسْوَةٌ فِى الْمَدِيْنَةِ امْرَاَتُ الْعَزِيْزِ تُرَاوِدُ فَتٰىهَا عَنْ نَّفْسِهٖۚ قَدْ شَغَفَهَا حُبًّاۗ اِنَّا لَنَرٰىهَا فِيْ ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍ

"Dan wanita-wanita di kota berkata: "Istri Al-Aziz menggoda pelayannya untuk menundukkan dirinya (kepadanya), sesungguhnya cintanya kepada pelayannya itu adalah sangat mendalam. Sesungguhnya kami memandangnya dalam kesesatan yang nyata." (QS Yusuf: 30)

Pesan dan Hikmah:
1. Skandal memalukan yang tidak dapat diselesaikan dengan baik dan benar, hanya untuk menutup mulut saja akhirnya terbongkar pula. Tembok kekar istana tidak bisa menahan embusan skandal itu. Tentunya istana memiliki banyak pembantu dan kerabat. Lewat merekalah boleh jadi kisah bujuk rayu istri majikan kepada pelayannya tersebar.

2. Di antara penyebab tersebarnya skandal ini karena dilakukan oleh publik figur. Sebagaimana umumnya di masyarakat, jika sebuah skandal dilakukan oleh tokoh atau publik figur yang terkenal maka akan mudah pula tersebar menjadi perbincangan. Maka waspadalah jika sudah dipilih menjadi publik figur atau tokoh.Nampaknya penyebutan "para wanita kota" ini menunjukkan wanita-wanita sekelas dan selevelnya istri pejabat Mesir itu. Jika wanita lain yang dibawah level dan kelasnya mungkin dia tidak ambil pusing.

3. "Sesungguhnya cintanya kepada pelayannya itu sangat mendalam (Syaghafaha Hubban) merupakan alasan yang membuat dia menundukkan Yusuf. Ada beberapa tahapan dan tingkatan cinta yang biasa dikenal dalam realita kehidupan.

Pertama, berawal dari ketertarikan. Dari tahapan ini ia mulai memikirkan si "dia" hampir dalam semua aktivitasnya bahkan sampai sulit tidur.

Kedua: tenggelam dalam cinta. Mulai membandingkan apa yang disukai olehnya dan si "dia".

Ketiga, jatuh hati atau jatuh cinta. Ia tidak lagi mampu menguasai hatinya (Al-'Isyq). Bahkan dia rela bersusah payah demi bisa melihat dan bertemu si dia seperti kisah Qais dan Laila.
halaman ke-1
cover top ayah
لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ وَاِنۡ تُبۡدُوۡا مَا فِىۡۤ اَنۡفُسِكُمۡ اَوۡ تُخۡفُوۡهُ يُحَاسِبۡكُمۡ بِهِ اللّٰهُ‌ؕ فَيَـغۡفِرُ لِمَنۡ يَّشَآءُ وَيُعَذِّبُ مَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ قَدِيۡرٌ
Milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Jika kamu nyatakan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu sembunyikan, niscaya Allah memperhitungkannya (tentang perbuatan itu) bagimu. Dia mengampuni siapa yang Dia kehendaki dan mengazab siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

(QS. Al-Baqarah:284)
cover bottom ayah
preload video