Kumpulan Artikel: Cinta

  • BWI Kembangkan Wakaf Calon Pengantin, Apa Itu?
    Dunia Islam
    Kamis, 28 Maret 2024 - 02:41 WIB
    Badan Wakaf Indonesia (BWI) terus mendorong pengembangan wakaf di Tanah Air. Salah satu yang dikembangkan adalah wakaf calon pengantin (cantin).
  • Hadis Arbain: Cara Mendapatkan Kecintaan Allah
    Tips
    Senin, 20 November 2023 - 11:11 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-38 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Kisah Hikmah : Cinta si Pandai Besi dan Wanita Cantik
    Muslimah
    Senin, 06 November 2023 - 16:38 WIB
    Kisah ini sarat dengan hikmah dan pelajaran yang bisa diambil oleh kaum muslimah zaman ini. Kisah ini juga diambil dari kitab dan terjemah Uqudullujiain bab 25 tentang tanda-tanda istri salehah.
  • Keindahan Dunia yang Bisa Mendatangkan Ujian Hidup
    Hikmah
    Senin, 06 November 2023 - 08:11 WIB
    Ada keindahan dunia yang sangat disukai manusia, padahal keindahan itulah yang bisa menjadi ujian hidup bagi seorang hamba. Apa saja keindahan dunia tersebut?
  • Lirik Sholawat Demi Cinta yang Menyala, Viral di Sosmed
    Tips
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 14:25 WIB
    Lagu Demi Cinta Menyala versi sholawat viral di sosial media. Masyarakat Indonesia memang kerap mengaitkan sholawat dengan beberapa lirik lagu.
  • Tafsir Israiliyyat: Menyoal Unsur Romantis Narasi Yusuf dan Zulaikha
    Hikmah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 15:05 WIB
    Beberapa kritikus mengklaim narasi Yusuf dan Zulaikha sebenarnya hanyalah kisah cinta, sehingga mereka tidak menganggap surat Yusuf sebagai kanonik karena mengandung unsur romantis.
  • Tips Mengobati Patah Hati Sesuai Pandangan Syariat
    Tips
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 11:34 WIB
    Dalam Islam, patah hati pada dasarnya dianggap sebagai kesalahan manusia yang tidak tepat dalam menyikapi perasaan. Syariat pun menawarkan obat untuk menyembuhkan patah hati ini.
  • Epos Muslim Anatolia: Kisah Cinta Sampai Mati Tahir dan Zuhre
    Dunia Islam
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 03:49 WIB
    Kisah itu dimulai dengan seorang sultan yang kuat mengungkapkan kegembiraannya karena memiliki segalanya dalam hidup kecuali kegembiraan menjadi ayah.
  • Epos Jazirah Arab: Kisah Cinta Sampai Mati Layla dan Tauba
    Dunia Islam
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 14:25 WIB
    Gaya khas kisah cinta yang muncul di Arab abad keenam adalah gaya Jamil Al-Udhri (w. 701 M), yang kemudian menyebar ke seluruh Timur Tengah dan Asia Tengah seiring dengan kebangkitan Islam.
  • Cinta dan Patah Hati dalam Puisi Arab dan Muslim
    Dunia Islam
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 11:52 WIB
    Nyatanya, patah hati adalah akhir yang lebih umum daripada bahagia selamanya di sebagian besar epos berbahasa Arab, dengan kekasih sering dipisahkan karena persaingan suku dan status sosial.
  • Kisah Hikmah, Seorang Putri Pengusaha Jatuh Cinta kepada Budak Ayahnya
    Hikmah
    Senin, 24 Juli 2023 - 20:53 WIB
    Banyak kisah dan peristiwa aneh penuh hikmah bisa dijadikan penghibur sekaligus pelajaran berharga. Berikut kisah seorang putri pengusaha jatuh cinta kepada budak ayahnya.
  • Inilah Penyakit yang Menimpa Umat Islam di Akhir Zaman
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Juli 2023 - 23:27 WIB
    Rasulullah SAW pernah mengabarkan bahwa ada satu penyakit yang akan menimpa umat Islam di akhir zaman. Penyakit ini sangat berbahaya sehingga kita wajib untuk mewaspadainya.
  • Mengapa  Memprioritaskan Dunia Dilarang? Begini Penjelasan Al-Quran
    Hikmah
    Selasa, 23 Mei 2023 - 10:33 WIB
    Islam menegaskan bahwa terlalu tamak terhadap dunia dan memprioritaskan dunia adalah hal yang harus diwaspadai dan dihindari. Al-Quran juga menyebutkan dunia adalah fitnah bagi manusia.
  • Kiat Menyembuhkan Rasa Kecewa dan Patah Hati Sesuai Tuntunan Agama
    Muslimah
    Sabtu, 29 April 2023 - 05:15 WIB
    Pada dasarnya, perasaan patah hati adalah normal, namun jika sampai terpuruk hal itu adalah sebuah kesalahan yang dalam syariat, dianggap sebagai kesalahan tidak tepat dalam menyikapi perasaan.
  • Buya Hamka : Puncak Cinta Tertinggi Seorang Muslim adalah Allah Taala
    Tausyiah
    Rabu, 26 April 2023 - 12:46 WIB
    Haji Abdul Malik Karim Amrullah yang populer dengan nama penanya Hamka atau Buya Hamka adalah seorang ulama, filsuf, dan sastrawan Indonesia. Menurutnya, puncak tertinggi dari pandangan hidup seorang muslim adalah cinta.
  • Tingkatan Mahabah Menurut Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 26 April 2023 - 05:15 WIB
    Mahabah atau kecintaan memiliki tingkatan. Mahabbah yang paling rendah adalah bersihnya hati (salamush shadr) dari perasaan hasud, membenci, dengki dan sebab-sebab permusuhan dan pertengkaran.
  • Potret Rasa Cinta Manusia dalam Pandangan Al-Quran
    Muslimah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Rasa cinta adalah salah satu pokok kehidupan dan dalam Al-Quran kata cinta juga disebutkan dengan berbagai sinonim atau persamaan kata. Lalu bagaimana dengan rasa cinta yang ada pada manusia?
  • Bagaimana Hukum Meluapkan Perasaan Rindu pada Suami atau Istri yang Wafat?
    Muslimah
    Selasa, 14 Maret 2023 - 12:31 WIB
    Bagaimana sebenarnya perasaan rindu dan luapan cinta pada seseorang yang sudah meninggal ini dalam pandangan syariat? Berdosakah atau malah termasuk syirik kecil?
  • Keridaan Allah Taala Adalah Tingkat Kebahagiaan Tertinggi, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 13 Februari 2023 - 14:47 WIB
    Keridaan Allah adalah ganjaran kebahagiaan yang tertinggi dan paling agung kepada kaum beriman dan bertakwa. Dan keridaan, Allah itu tidak terpisah dari rahmat atau kasih Allah kepada manusia.
  • 3 Pintu Lemari di Hari Kebangkitan, Pintu Kedua Gelap Pekat
    Tausyiah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 09:02 WIB
    Al-Ghazali mengatakan pada Hari Kebangkitan seseorang akan mendapati seluruh jam-jam hidupnya terjajar seperti satu deret lemari perbendaharaan. Pintu salah satu lemari itu akan terbuka dan akan tampak penuh dengan cahaya.